Diskusi Bulanan: Common Mistakes in Writing for Reputable Journals

Biaunik Niski Kumila, M.S. | 15 Oktober 2021

Prodi Fisika kembali mengadakan diskusi bulanan online pada hari Rabu, 13 Oktober 2021 dengan tema “Common Mistakes in writing for Reputable Journal” Acara dibuka oleh MC dilanjutkan sambutan Kaprodi Fisika Ibu Tati Zera. Dalam sambutannya Kaprodi Fisika sangat mendukung kegiatan diskusi dosen dan kegiatan serupa untuk mendorong peningkatan kualitas civitas akdemik Prodi Fisika terutama dalam hal literasi ilmiah.

Kegiatan diskusi dipandu oleh moderator dengan narasumber Ibu Dr. Sitti Ahmiatri Saptari, M.Si , dosen program studi Fisika FST UIN Syarif Hidayatullah. Beliau menjelaskan struktur penulisan yang umum digunakan oleh jurnal-jurnal bereputasi yaitu struktur IMRaD (Introduction, Methods, Rusult and Discussion). Beliau juga menjelaskan konten, karakteristik dan kelayakan tiap unsur penulisan mulai dari abstrak, pendahuluan (introduction), metode (methods), hasil (result), pembahasan (discussion) dan kesilmpulan (conclusion).

Dalam materinya, narasumber memberikan contoh-contoh kesalahan umum yang dilakukan penulis dalam penulisaannya di jurnal bereputasi. Salah satunya adalah penulis sering tidak menyatakan gap analysis yang bisa berupa keterbaruan (novelty), orisinalitas dan/atau perbedaan dari penelitian-penelitian sebelumnya. Sedangkan dalam judul, penulisan singkatan harus dihindari kecuali istilah singkatan yang umum dipahami, seperti DNA, XRD, dan lain-lain. Selain itu, beliau juga menjelaskan bahwa konten/struktur penulisan abstrak harus jelas dan bisa dipahami jika terpisah dari struktur lainnya.  

Untuk selanjutnya prodi Fisika berkomitmen untuk menyelenggarakan kegiatan serupa untuk meningkatkan kualitas seluruh civitas akademik terutama di wilayah Prodi Fisika. (bia)