Peran Geofisika dalam Geoteknik sebagai Upaya Optimasi Sumber Daya Alam Indonesia

Muhammad Nafian, M.Si. | 23 September 2021

Dalam rangka mengawali semester ganjil 2021/2022 dan menyambut mahasiswa baru angkatan 2021 prodi Fisika Fakultas Sain dan Teknologi UIN Syarif Hidayatullah menyelenggarakan Kuliah Umum dengan tema Peran Geofisika dalam Geoteknik sebagai Upaya Optimasi Sumber Daya Alam Indonesia. Kegiatan ini diselenggarakan pada Rabu, 22 September 2021 dengan narasumber bapak Ir. Ivan Ade Sofian selaku pendiri dan direktur PT. Mandala Geoteknik Mandiri.  Kuliah Umum diselenggarakan secara daring melalui media zoom cloud meeting dimulai pada jam 13.00 dan berlangsung selama 3 jam. Acara dibuka dengan pembacaan ayat suci Al-Quran oleh Faris Fawwaz Subekti dilanjutkan sambutan oleh ketua prodi Fisika ibu Tati Zera, M.Si. Kuliah umum dipandu oleh moderator bapak Muhammad Nafian, M.Si.

Dalam paparaannya, narasumber menjelaskan bahwa peran Geofisika dalam Dunia Geoteknik sangat besar pengaruhnya dalam upaya optimasi sumber daya alam Indonesia. Hal ini karena dalam merencanakan suatu kontsruksi bangunan apapun diperlukan studi pendahuluan yang menggunakan metode-metode  geofisika. Tujuannya untuk dapat mengetahui susunan batuan dasar apa saja yang ada dibawah permukaan sehingga pondasi bangunan dapat ditamam dengan baik

Selain itu metode geofisika untuk geoteknik digunakan juga untuk meminimalisir terjadinya bencana longsor, runtuhnya terowongan pertambangan dan tubuh bendungan. Survei geofisika untuk geoteknik biasanya dilakukan di permukaan tanah, di dalam lubang bor, air dan udara, beton dan aspal. Kelebihan metode geofisika dalam hal ini adalah ramah lingkungan, cepat, ekonomis, dan berlaku untum untuk seluruh permukaan bumi.

Disamping itu dalam usaha eksplorasi sumber daya alam, metode geofisika digunakan dalam pencarian sumber energi fosil, batu bara, minyak dan gas, barang tambang, mineral dan sumber air tanah. Diantara metode geofisika yang sering digunakan adalah metode Geolistrik, Georadar, Seismic Refraction (SR), Crosshole Tdests, Downhole Tests (DHT), Multichannel Analysis Surface Wave (MASW), dan Horizontal to Vertical Spectral Ratio (HSVR). 

Sesi diskusi merupakan bagian yang menarik dan mendapat respon yang antusias dari peserta kuliah. Diskusi berlangsung dengan penuh semangat selama satu jam. Acara berakhir pada pukul 16.00 yang ditutup dengan do’a dan foto bersama oleh MC, Dian Novitasari. (TZ)