Categories
Workshop

PERMATA-SARI: Pertukaran Mahasiswa Nusantara Sistem Alih Kredit Tahun 2022

PERMATA-SARI: Pertukaran Mahasiswa Nusantara Sistem Alih Kredit Tahun 2022

Berita lainnya

Categories
6. HIMAFI Departemen Kemahasiswaan

PDKT 2021: “One Step Closer to The Bright Future”

PDKT 2021: One Step Closer To The Bright Future”

Dep. Kemahasiswaan | 29 November 2021

Divisi Kaderisasi Himpunan Mahasiswa Fisika (HIMAFI) telah menyelenggarakan kegiatan Pendekatan (PDKT) dengan tema “One Step Closer To The Bright Future”. PDKT merupakan program kerja HIMAFI yang bertujuan untuk mempererat hubungan sesama dan antar angkatan 2018, 2019, 2020, dan 2021 serta mengimplementasikan ilmu-ilmu keorganisasian yang telah diperoleh dari serangkaian kegiatan kaderisasi yang telah diikuti. PDKT berisi bebagai kegiatan kebersamaan diantaranya perkuliahan, organisasi, dan hiburan. Acara ini diselenggarakan secara offline di Payon Joglo Depok dengan berbagai persiapan serta tetap menjaga Protokol Kesehatan dengan tetap memakai Masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan atau Handsanitizer. PDKT 2021 Dilaksanakan pada Sabtu, 20 November 2021.

Acara ini diawali dengan pembukaan yang dipimpin langsung oleh kedua MC, yaitu Zanata dan Pinkan. Kemudian setelah MC membuka acara ini, maka dilanjutkan dengan pembacaan kalam ilahi yang dilantunkan oleh Fathur dan Adelia, setelah itu dilanjutkan dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya yang dipimpin oleh Dirijen yaitu Hany Millany. Rangkaian acara selanjutnya yaitu sambutan pertama oleh ketua pelaksana PDKT yakni Raflie dari Fisika 2021. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan oleh Arjuna Satria Mandala selaku Ketua HIMAFI UIN Jakarta.

Memasuki acara inti yaitu adanya hiburan, penampilan pertama yakni Intan dan Khusnul dari Fisika 2021 yang membawakan tarian, penampilan kedua yaitu Muhammad Farhan dari Fisika 2018 dengan bernanyi membawakan dua buah lagu. Kemudian terdapat Forum Group Discussion yang dibagi ke beberapa kelompok yang terdiri dari mahasiswa angkatan 2018 – 2021 dan dilanjutkan dengan ISHOMA.

Acara berikutnya adalah penampilan pembacaan puisi bersambung oleh Alif, Syarief, dan Fathur dari Fisika 2021 yang dilanjutkan oleh penampilan dari Fisika 2020 yakni Arya, Elfri, dan Fadia. Kemudian penmpilan terakhir dibawakan oleh Faiz dari Fisika 2019. Memasuki tahap akhir dari kegiatan PDKT, kegiatan selanjutnya yaitu dengan beberapa games yakni Truth or Dare yang dimana para peserta mengambil kertas yang sudah dipersiapkan oleh penyelenggara kegiatan, selanjutnya ada games kedua yaitu make-up challenge yang dimana para perwakilan dari setiap angkatan akan dirias oleh masing-masing perwakilan dengan menutup mata, dan games yang terakhir adalah ball and mentor yang dimana pada permainan ini beberapa perwakilan tiap angkatan akan mengambil bola dengan warna yang sudah ditentukan namun peserta harus mengambil bola tersebut dengan menutup mata. Kemudian acara berikutnya adalah pengumuman pemenang dari ketiga games tersebut yang dimenangkan oleh Fisika 2019 untuk game make-up challenge dan Fisika 2018 dalam game ball and mentor. Acara berakhir dengan dilanjutkan dengan sesi foto bersama dari Angkatan 2018, 2019, 2020, dan 2021. Setelah  rangkaian kegiatan PDKT telah dilaksanakan dengan sukses, acara diakhiri dengan penutupan oleh MC.

DOKUMENTASI PDKT 2021












Categories
6. HIMAFI Departemen Sosro

SOS Himafi: “Kepedulian yang Sederhana namun Berarti Bagi Mereka”

SOS Himafi: Keajaiban Sedekah

Dep. Sosial dan Rohani | 23 November 2021

Gambar 1 UUS

Sumber : Dokumen Pribadi

Ketika berada di luar, acap kali kita disuguhkan pemandangan kucing domestik bertubuh kurus juga kotor. Mungkin sedikit sekali dari kita yang akan menghiraukan hal tersebut. Mengapa? Mungkin karena kita masih bersikap individualis, kita masih belum menyadari bahwa pada hakikatnya; manusia, hewan, dan tumbuhan haruslah hidup berdampingan demi kelestarian bersama.

Alasan lain kita abai, mungkin karena kita takut akan virus dan kuman yang (misalnya) ada pada kucing tersebut. Sudah jadi rahasia umum, bahwa sebagian besar dari masyarakat kita lebih sepakat bahwa kucing ras jauh lebih unggul (lucu dan cantik) ketimbang kucing domestik.

Manusia adalah makhluk paling sempurna yang diciptakan Allah. Namun, mengapa terkadang mereka lalai akan
kekuatan yang mereka miliki, kekuatan yang seharusnya mereka alokasikan untuk melindungi dan mengayomi mahluk-mahluk lain yang secara entitas tidak lebih sempurna dibandingkan mereka.

Izinkan saya membagikan sedikit pengalaman saya dalam merawat kucing domestik. Begini ceritanya; Pada malam setelah saya pulang dari kegiatan sepanjang hari itu, tiba-tiba ada seseorang yang menghampiri saya seraya berkata, “Apa kamu menyukai kucing, Nak? Di tepi jalan sana terdapat satu bayi kucing yang ditinggal induknya dan tengah kehausan sekarang, saya harap kamu dapat menolongnya,’’. Saya kaget kemudian langsung bergegas untuk menemui bayi kucing tersebut.

Jujur, begitu banyak pertanyaan terlintas dalam benak saya, ”Kemana orang-orang yang lebih dulu melihat bayi kucing tersebut? Mengapa mereka tidak menolongnya dahulu? Dimana empati dan simpati mereka sebagai manusia, setidaknya sebagai sesama mahluk hidup yang diciptakan untuk saling menolong dan melengkapi?”

Sesampainya saya di tempat bayi kucing tersebut, saya miris melihat kondisinya. Bayi kucing tersebut terlihat sangat kehausan dan kedinginan, saya refleks langsung menghangatkannya dengan seutas kain yang pada saat itu ada di saku celana saya. Sehabis menghangatkan bayi kucing tersebut seadanya, saya langsung bergegas ke pet shop terdekat untuk membelikan susu khusus bayi kucing sekaligus botol susunya.

Tak lama setelah itu, tanpa pikir panjang lagi, saya memutuskan untuk mengadopsi bayi kucing tersebut kemudian membawanya pulang. Saat itu saya berjanji kepada diri sendiri untuk menjaganya sampai ia mampu untuk menjaga dirinya sendiri.

Jujur pada saat itu, saya sudah mimiliki cukup banyak kucing. Namun, alasan tersebut tak lantas membuat saya tega untuk kemudian membiarkan dan menelantarkan bayi kucing tersebut. Saya percaya mungkin Allah menggerakkan hati saya untuk menjadi penolong bayi kucing tersebut.

Kini, bayi kucing laki-laki tersebut sudah tumbuh sehat, dan sudah saya beri nama Mochius. Nama yang bagus, bukan? Mari kita tingkatkan kepedulian kita terhadap setiap makhluk Allah yang ada di bumi. Karena boleh jadi pada kepedulian tersebut, Allah titipkan bekal kunci untuk menuju ke surga-Nya.

Categories
6. HIMAFI Departemen Kemahasiswaan

Training Organization 2021: “Develop Leadership with Responsibility and Integrity”

Training Organization 2021: “Develop Leadership with Responsibility and Integrity”

Dep. Kemahasiswaan | 18 November 2021

Departemen Kemahasiswaan Himpunan Mahasiswa Fisika (Himafi) telah menyelenggarakan kegiatan Training Organization (TO) dengan tema “Develop Leadership with Responsibility and Integrity”. TO merupakan program kerja Himafi yang bertujuan untuk memberi pembekalan sebelum menjadi pengurus organisasi; berupa pelatihan organisasi yang mencakup pembahasan seputar keorganisasian, public speaking, team building, dan manajemen yang dikhususkan untuk mahasiswa/i Fisika aktif angkatan 2020 dan 2021. Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari, yaitu pada Sabtu, 13 November 2021 sampai Minggu, 14 November 2021 melalui platform Zoom Cloud Meeting.

Pada hari pertama, acara dimulai dengan pembukaan oleh MC, dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an, mendengarkan lagu Indonesia Raya, dan pembacaan tata tertib peserta. Selanjutnya sambutan oleh Sekar Pambayun A.S.T. selaku Ketua Pelaksana TO 2021, kemudian sambutan oleh Arjuna Satria Mandala selaku Ketua HIMAFI dan sambutan yang terakhir disampaikan oleh Ibu Tati Zera, M.Si. selaku Kepala Program Studi Fisika.

Acara inti dimulai dengan penyampaian materi yang dilakukan melalui 2 breakout room, yakni mahasiswa angkatan 2020 pada breakout room 1 dan mahasiswa angkatan 2021 pada breakout room 2. Materi pertama yakni Kepemimpinan, Keorganisasian, dan Jiwa Korsa yang membahas mengenai sifat kepemimpinan dan jiwa korsa dan pentingnya memiliki sifat-sifat tersebut dalam berorganisasi. Materi ini disampaikan oleh saudara Andri Kurniawan pada breakout room 1 dan saudara Muhammad Rizki Agung, S.Si. pada breakout room 2. Selanjutnya materi kedua yakni Manajemen Organisasi, Waktu, dan Konflik membahas mengenai bagaimana berorganisasi yang baik dan mengatur waktu agar lebih efisien serta mengatasi konflik yang mungkin terjadi dalam berorganisasi. Materi ini disampaikan oleh saudara Sultan Rivandi, S.Sos. pada breakout room 1 dan saudari Pebri Nurhayati pada breakout room 2. Setelah itu, terdapat sesi ice breaking berupa sharing dengan panitia pendamping melalui breakout room masing-masing kelompok dan dilanjutkan dengan ishoma.

Acara dilanjutkan dengan penyampaian materi berikutnya yakni Public Speaking yang membahas mengenai pentingnya public speaking dan cara melakukan public speaking yang baik. Materi ini disampaikan oleh saudara Akbar Ramadhani pada breakout room 1 dan saudara Ridwan Eko Laksono pada breakout room 2. Lalu dilanjutkan dengan materi berikutnya yakni Negosiasi dan Lobbying yang membahas mengenai hal-hal apa saja yang harus dilakukan dan tidak boleh dilakukan ketika melakukan negosiasi dan lobbying sehingga dapat memperoleh hasil yang diinginkan. Materi ini disampaikan oleh saudara Ilham Mashori, S.Si. pada breakout room 1 dan saudari Cut Fitria, S.Si. pada breakout room 2. Pada kedua sesi tersebut, peserta diperkenankan mempraktikkannya secara langsung setelah penyampaian materi selesai.

Pada hari kedua terdapat sesi Post To Post berupa pengujian seputar materi hari pertama yang dilakukan sebanyak 4 sesi melalui breakout room masing-masing kelompok. Kemudian dilanjutkan dengan penyampaian materi yang dilakukan di room utama. Materi pertama adalah Standar Operasional Prosedur (SOP) yang membahas mengenai pengertian dan tujuan SOP, serta persuratan dan keuangan di HIMAFI. Materi ini disampai oleh perwakilan BPH yaitu Arjuna Satria Mandala selaku Ketua HIMAFI, Nafisa Ulayya Salsabila selaku Sekretaris 2, dan Nurul Latifah selaku Bendahara 1. Setelah penyampaian materi selesai, dilakukan praktik dengan membuat rancangan kegiatan oleh setiap kelompok dan mempresentasikannya. Kemudian dilanjutkan dengan materi berikutnya yakni Teknik Sidang yang membahas mengenai alur persidangan dan cara melakukannya. Materi ini disampaikan oleh Rifky Ramadhan selaku pengurus HIMAFI periode sebelumnya. Lalu dilakukan praktik sidang pendahuluan oleh panitia dan dilanjutkan dengan praktik sidang pleno oleh peserta pada breakout room masing-masing angkatan 2020 dan 2021.

Kemudian acara berikutnya adalah wejangan dari Ketua HIMAFI dan dilanjutkan pengukuhan peserta oleh Ketua Pelaksana TO 2021 dengan membacakan ikrar pengukuhan lalu memberikan sertifikat peserta secara simbolis. Acara selanjutnya adalah pengumuman pemenang untuk peserta terbaik angkatan 2020 dan angkatan 2021 pada TO 2021, lalu dilanjutkan dengan pembacaan doa, kemudian penutupan oleh MC. 








Categories
6. HIMAFI Departemen Sosro

SOS Himafi: Keajaiban Sedekah

SOS Himafi: Keajaiban Sedekah

Dep. Sosial dan Rohani | 16 November 2021

Izinkan aku membagikan sedikit pengalaman manisnya sedekah.

Pada tahun 2019, aku mengenal seseorang yang sangat berambisi untuk melanjutkan studinya ke Kairo, Mesir.

Sejuta mimpi telah aku rencanakan. Namun, apalah daya, manusia hanya sekadar berencana, biarlah Allah yang menentukan.

Qodarullah tahun 2019, aku harus menunaikan kewajiban mengajar di pondok pesantren asalku sebagai bentuk pengabdian selama setahun penuh.

Meskipun persiapan untuk pergi ke Mesir tertunda, aku tak lekas menyerah.

Sebaliknya, mimpi itu terus membara, semakin menguatkan tekad. Sembari menyelami semua ambisi untuk pergi ke Kairo, aku pasrahkan semua kepada-Nya. Aku yakin tahun 2020, Kementrian Agama RI pasti akan membuka kembali pendaftran bagi anak-anak Indonesia yang ingin melanjutkan pendidikan ke Mesir.

Semua harapan tidak selalu menjadi kenyataan. Februari 2020, Kemenag menunda Seleksi Calon Mahasiswa Baru Timur Tengah. Pada saat itu, kesedihan menderaku karena impian untuk belajar ke Mesir lagi-lagi harus tertunda.

Setelah melalui proses pertimbangan yang lumayan alot, aku ikhlas untuk menutup jalan mimpi dan ambisi yang selama ini telah aku rancang sedemikian rupa. Aku harus bangkit kembali menyusun mimpi-mimpi baru, untuk kemudian bangkit bersamanya. Tak mudah untuk merancang dan menggapai mimpi tersebut.

Aku mengambil keputusan untuk melanjutkan studiku di dalam negeri dengan mengambil konsentrasi di bidang Sains.

Satu semester berjalan tanpa kesulitan berarti. Naik ke semester dua, 18 April 2021, hari tersebut merupakan hari terindah yang telah Allah berikan kepadaku; sedih, bahagia, penuh rasa syukur. Kenikmatan luar biasa yang dapat aku rasakan meskipun tak berakhir sesuai harapan.

Pada malam hari itu ada seorang ibu, dengan seorang anak dalam gendongan. Mereka duduk di pinggir jalan dengan wajah yang menyiratkan kelelahan. Banyak orang memilih menjadi pengemis sebagai alternatif mencari uang yang mudah, namun tidak dengan ibu dan anak tersebut.

Kuhampiri mereka, lantas bertanya, “Ibu, dari mana?”

Ibu tersebut menjawab, “Saya dari rumah majikan saya,”. Pada saat itu, aku teringat bahwa aku baru saja mendapatkan uang saku bulanan dari orang tua. Juga, tiba-tiba tebersit pesan dari guruku tentang sedekah, “Di dalam harta kita, ada hak orang lain, maka bersedekahlah,” begitu kira-kira pesan dari guruku.

Juga seorang guruku yang lain pernah berkata, “Pada hakikatnya, sedekah akan menjadi cahaya yang akan menerangi kita di alam kubur nanti, maka kelurkan nominal terbesar yang kamu miliki untuk bersedekah,”. Karena teringat pesan serta nasihat tersebut, aku keluarkan lah nominal terbesar di dalam dompetku saat itu. Tak banyak, tapi aku rasa dapat membantu ibu serta anak di depanku ini.

Setibanya di rumah, kami sekeluarga melakukan diskusi untuk mengahrakan adik yang ingin melanjutkan studinya ke Mesir, kami berdiskusi mengenai dana dan segala keperluan lainnyya. Ayahku kemudian bertanya, “Terus Kakak terakhir bisa ikut daftar seleksi ke Kairo tahun ini, ya?”, pertanyaan itu muncul karena aku menjelaskan bahwa Kemenag akan menerima mahasiswa baru dengan rentang tahun kelulusan maksimal tiga tahun setelah lulus.

Aku menjawab, “Iya, tahun ini merupakan tahun terakhir untuk daftar, Yah,”. Tanpa disangka-sangka, malam itu ayah berkata, “Ya sudah, kakak ikut tesnya, bimbingan ke Daurah, in shaa Allah dalam tempo dua minggu pasti bisa. Kalau pun gak bisa, yang penting kakak sudah merasakan proses untuk menggapai mimpi-mimipi kakak,”.

Seketika air mata jatuh dari kedua mata, merasa tak yakin akan pernyataan tersebut, maka kutanyakan kembali, “Ayah beneran? Ayah gak bercanda, kan? Kan aku udah masuk semester dua, udah bayaran juga,”

Ayahku menjawab, “Ngapain ayah bercanda, toh emang ini keinginan kakak dari dulu, kan? Ayah serius, tinggal kakak nya aja mau atau enggak. Kalau kakak mau, besok kita langsung berangkat ke Daurah yang di Serang untuk persiapan kakak. Masalah biaya, in shaa Allah, Allah kasih kemudahan. Kakak niat ke Kairo buat nuntut ilmu aja ayah udah bahagia,”. Pecah tangisku saat itu, dan tak henti-hentinya aku bersyukur.

Dari pengalaman tersebut, dapat kita ambil hikmah; bahwa sedekah tidak akan membuat miskin, melainkan membuat kita kaya, sekaligus Allah berikan kemudahan dari setiap arah kehidupan.

Sebagaimana firman-Nya, “Dan pada harta-harta mereka ada hak orang miskin yang meminta dan orang miskin yang tidak mendapatkan bagian,” Q.s. Adz-Dzariyat : 19

َ حَدَّثَنَا أَبُو هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ جَاءَ رَجُلٌ إِلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ يَا رَسُولَ اللَّهِ أَيُّ الصَّدَقَةِ أَعْظَمُ أَجْرًا قَالَ أَنْ تَصَدَّقَ وَأَنْتَ صَحِيحٌ شَحِيحٌ تَخْشَى الْفَقْرَ وَتَأْمُلُ الْغِنَى وَلَا تُمْهِلُ حَتَّى إِذَا بَلَغَتْ الْحُلْقُومَ قُلْتَ لِفُلَانٍ كَذَا وَلِفُلَانٍ كَذَا وَقَدْ كَانَ لِفُلَانٍ

Telah menceritakan kepada kami Abu Hurairah radliallahu anhu berkata,: “Seorang laki-laki datang kepada Nabi Shallallahualaihiwasallam, dan berkata: “Wahai Rasulullah, shadaqah apakah yang paling besar pahalanya?”. Beliau menjawab: “Kamu bershadaqah ketika kamu dalam keadaan sehat dan kikir, takut menjadi faqir dan berangan-angan jadi orang kaya. Maka janganlah kamu menunda-nundanya hingga tiba ketika nyawamu berada di tenggorakanmu. Lalu kamu berkata, si Fulan begini (punya ini) dan si fulan begini. Padahal harta itu milik si Fulan”. (HR. Bukhari) [No. 1419 Fathul Bari] Shahih.

“Sedekah tidak akan membuat miskin, melainkan membuat kita kaya, sekaligus Allah berikan kemudahan dari setiap arah kehidupan,”

Fulanah
Keajaiban Sedekah

Categories
6. HIMAFI Departemen Kemahasiswaan

EKSPEDISI 2021: “Get to Know Each Other and Start Your Journey”

EKSPEDISI 2021: “Get to Know Each Other and Start Your Journey”

Dep. Kemahasiswaan | 1 November 2021

Departemen Kemahasiswaan Himpunan Mahasiswa Fisika (HIMAFI) telah menyelenggarakan kegiatan Eksperimen dan Pembinaan Prodi Fisika (EKSPEDISI) dengan tema “Get to Know Each Other and Start Your Journey”. EKSPEDISI merupakan program kerja HIMAFI yang bertujuan memberi pengetahuan kepada mahasiswa baru mengenai perkuliahan baik akademik maupun non akademik agar dapat beradaptasi dan menyesuaikan diri dengan lingkungan perkuliahan serta dapat melaksanakan masa studi dengan lebih baik. Kegiatan ini dilaksanakan selama tiga hari, yaitu pada Jumat, 15 Oktober 2021 sampai Minggu, 17 Oktober 2021 melalui platform Zoom Cloud Meeting.

Pada hari pertama, acara dimulai dengan pembukaan oleh MC, dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an, mendengarkan lagu Indonesia Raya, dan pembacaan tata tertib peserta,. Selanjutnya sambutan oleh Raihan Fawwaz Naufal selaku Ketua Pelaksana EKSPEDISI 2021, kemudian oleh Kak Arjuna Satria Mandala selaku Ketua HIMAFI dan sambutan yang terakhir sekaligus penyematan kepada perwakilan peserta disampaikan oleh Ibu Tati Zera, M.Si. selaku Kepala Program Studi Fisika. Acara selanjutnya adalah sesi Talkshow Keprodian mengenai Sistem Perkuliahan dan Administrasi Program Studi Fisika yang disampaikan oleh Ibu Elvan Yuniarti, M.Si selaku Dosen dan Sekretaris Prodi. Setelah itu, ishoma dan dilanjutkan dengan FGD Departemen dan Divisi yang disampaikan oleh 5 Kepala Departemen HIMAFI melalui Breakout Room.



Pada hari kedua terdapat sesi Talkshow bersama Dosen mengenai Motivasi dan Sharing Hal-hal Yang Diperlukan Untuk Menjadi Mahasiswa Yang Berprestasi yang disampaikan oleh Pak Ryan Rizaldy, M.Si selaku Dosen Prodi Fisika. Kemudian Talkshow bersama Alumni mengenai Perkuliahan dan Tantangan Dunia Kerja yang disampaikan oleh Kak Deden Midzanul Akbar, M.Si selaku Alumni Fisika. Dilanjutkan dengan Ice Breaking berupa games sambung kata. Lalu dilaksanakan Talkshow HIMAFI mengenai kepengurusan HIMAFI tahun 2017, 2019, dan 2021 yang disampaikan oleh Kak Putranto Prasetyo, S.Si selaku Ketua HIMAFI 2017, Ka Ridwan Eko Laksono selaku Ketua HIMAFI 2019, dan Ka Arjuna Satria Mandala selaku Ketua HIMAFI 2021. Setelah itu, ishoma dan dilanjutkan dengan presentasi tugas kelompok mengenai tokoh fisikawan yang dilanjutkan dengan sesi penjurian, sesi tanya jawab dan terdapat kuis berhadiah. Juri untuk tugas ini adalah alumni Fisika Kak Nanda Ridki Permana, S.Si. dan Kak Syaiful Izzuddin Salam, S.Si.



Pada hari ketiga diawali dengan melanjutkan presentasi tugas kelompok pada hari sebelumnya. Setelah itu, ishoma dan dilanjutkan dengan FGD Perkuliahan dan Prospek Kerja yang disampaikan oleh alumni dan senior Fisika. Kemudian pengukuhan peserta oleh Ketua HIMAFI dan Ketua Pelaksana EKSPEDISI 2021 dengan memberikan sertifikat kepada perwakilan peserta EKSPEDISI secara simbolis. Lalu ada wejangan yang disampaikan oleh alumni Fisika yaitu kak Agung Satriyo, S.Si. Acara selanjutnya adalah pengumuman pemenang untuk setiap kategori pada kegiatan EKSPEDISI 2021 dan dilanjutkan dengan pembacaan doa, kemudian penutupan oleh MC.



Categories
6. HIMAFI Departemen Litbang

Kunjungan Ilmiah 2021 : “Blow Up Our Mindset Bravely”

Kunjungan Ilmiah 2021: “Blow Up Our Mindset Bravely”

Dep. Penelitian dan Pengembangan | 1 November 2021

Kunjungan Ilmiah merupakan salah satu program kerja yang diselenggarakan oleh Departemen Penelitian dan Pengembangan Himpunan Mahasiswa Fisika (Himafi) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Kunjungan Ilmiah merupakan suatu bentuk kegiatan di luar perkuliahan yang dimaksudkan untuk memberikan wawasan dan pengetahuan mengenai banyak instansi dan industri yang berafiliasi erat dengan keilmuan Fisika. Dalam pelaksanaannya, Kunjungan Ilmiah didasarkan atas kerja sama antara Himafi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dengan instansi dan atau industri terkait.

Pada Kunjungan Ilmiah kali ini akan bekerja sama dengan Instansi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG). Tujuan utama diadakannya kegiatan ini adalah merangsang pola pikir sains pada mahasiswa Fisika, khususnya yang berkaitan dengan pengembangan teknologi mitigasi bencana. Dengan harapan agar mahasiswa nantinya dapat berperan aktif dalam riset di masa depan. Kegiatan ini diselenggarakan secara online. Kunjungan Ilmiah tahun ini bertemakan “Blow Up Our Mindset Bravely: Peran Fisika dalam Pengembangan Teknologi Mitigasi Bencana”. Kegiatan ini diwajibkan untuk seluruh mahasiswa aktif Fisika angkatan 2020 dan 2021.

Kegiatan ini membahas dua topik materi yang disampailan oleh dua pembicara dan profile tentang BMKG oleh satu perwakilan dari pihak humas BMKG. Kegiatan ini diadakan pada Rabu, 27 Oktober 2021 pukul 09.15 WIB secara daring karena masih dalam suasana pandemi melalui Zoom Cloud Meetings dan Live Streaming Youtube Himafi UIN Jakarta. Acara ini dihadiri oleh Ketua Program Studi Fisika, yaitu Ibu Tati Zera M.Si. Selain itu, dihadiri juga oleh Ketua Himpunan Mahasiswa Fisika (Himafi), yaitu Kak Arjuna Satria Mandala (Mahasiswa Fisika Material Angkatan 2018). Serta, para dosen dan mahasiswa aktif Fisika UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Acara diawali dengan pembukaan oleh Nafisa Ulayya Salsabila (Mahasiswa Fisika Material Angkatan 2019) selaku Master of Ceremony. Dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh Muhammad Ahlan Maulidi (Mahasiswa Fisika Material Angkatan 2019). Kemudian, dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua Program Studi Fisika, yaitu Ibu Tati Zera M.Si. Dalam sambutannya, Ibu Tati mengucapkan terima kasih kepada pihak BMKG khususnya di wilayah 2 yang telah bersedia tetap berhubungan baik dengan Fisika UIN Jakarta dikarenakan tidak semua akses bisa diterima disebabkan kondisi pandemi serta telah memberi kesempatan untuk mahasiswa/I Fisika untuk berkunjung secara virtual. Ibu Tati berharap, kegiatan ini dapat memberi manfaat, menambah wawasan, dan mendapat informasi yang jelas tentang kegiatan-kegiatan di BMKG yang berhubungan dengan Fisika.

Setelah itu, acara sambutan dari perwakilan pihak humas BMKG yaitu Ibu Judith. Dalam sambutannya, Ibu Judith mengucapkan terima kasih dan selamat datang di kegiatan Kunjungan Ilmiah ini. Lalu, beliau langsung memaparkan sedikit informasi tentang BMKG. Informasi tersebut yaitu BMKG termasuk lembaga non kementrian memberi informasi, menganalisa cuaca, iklim, dan gempa. BMKG memiliki cabang yang dinamakan stasiun. Stasiun tersebut terdiri dari 124 stasiun meteorologi, 27 stasiun klimatologi, dan 31 stasiun geofisika. Di atas stasiun ada 5 Balai Wilayah. Balai Wilayah 1 terdapat di medan dan sekitarnya, Balai Wilayah 2 di Tangerang, Balai Wilayah 3 di bali, Balai Wilayah 4 di Makassar, dan Balai Wilayah 5 di Sorong, Papua. 

Selanjutnya, ditampilkan sebuah video profile dari BMKG. Setelah ada Peraturan Presiden Nomor 61 Tahun 2008, BMKG berganti nama menjadi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika hingga saat ini. Terdapat aplikasi BMKG yang memberi informasi soal cuaca, iklim, kualitas udara, tsunami dan gempa bumi yang diawasi oleh 3 stasiun Global Atmosphere Watch (GAW).

Selanjutnya, pemaparan materi terkait cuaca oleh Bapak Teguh Setyawan. Beliau memaparkan materi tentang Meteorology Early Warning System (MSE) BMKG. Materi ini terdiri dari 4 outline yaitu pelayanan lintas sektoral BMKG, alur kerja operasional informasi meteorologi BMKG, teknologi baru yang ditetapkan untuk peringatan dini awal (Nowcasting), dan produk peringatan dini cuaca BMKG. Untuk outline materi pertama, BMKG melayani berbagai sektor yaitu kesehatan, konstruksi, energi dan pertambangan, industri, penanggulangan bencana, pertahanan dan keamanan, kelautan dan perikanan, dan sebagainya.

Setelah itu, dipaparkan materi outline kedua. Alurnya yaitu pengamatan, komunikasi, pengolahan, database, analisis, lalu terakhir prakiraan dan diseminasi. Kemudian, memaparkan materi outline ketiga. Beliau menjelaskan bahwa ada teknologi baru diterapkan untuk peringatan dini awal atau disebut Nowcasting.

Pemaparan materi outline terakhir berisikan tentang peringatan potensi cuaca ekstrim 1 minggu ke depan, 2 hari ke depan, 1-3 jam ke depan yang berisi peringatan dini cuaca ekstrim terutama hujan deras, angin kencang, badai petir di Jakarta dan sekitarnya. Acara pemaparan materi terkait cuaca telah berakhir dan ditutup dengan pesan dan harapan dari Bapak Teguh untuk masyarakat yaitu semoga produk-produk yang telah dibuat oleh BMKG bisa bermanfaat dan memberikan informasi kepada masyarakat serta bisa membantu masyarakat agar tetap waspada.

Selanjutnya, acara pemaparan materi terkait gempa oleh Bapak Admiral Musa Julius. Beliau memaparkan materi tentang peran BMKG dalam sistem informasi gempa bumi dan peringatan dini tsunami (INATEWS) di Indonesia. Pemaparan materi ini diantaranya tentang zona sumber gempa megathrust di Indonesia, aktivitas gempa bumi di Indonesia pada tahun 2009-2020, statistik kejadian bencana gempa bumi di wilayah Indonesia, peta potensi rawan tsunami di wilayah Indonesia, sistem peringatan dini tsunami sesuai PerPres 93 tahun 2019, peran INATEWS sebagai Tsunami Service Provider (TSP), dan lain-lain.

Beliau juga memaparkan solusi mitigasi gempa yang utama adalah bangunan yang tahan gempa. Selain itu, perlu adanya sosialisasi dan edukasi, rambu evakuasi, evakuasi mandiri, sirine tsunami, dan sebagainya. Acara pemaparan materi terkait gempa telah berakhir dan ditutup dengan pesan dari Bapak Admiral Musa Julius untuk masyarakat yaitu agar masyarakat lebih waspada jika rumahnya rawan bencana terutama gempa.

Setelah acara pemaparan materi, yaitu acara sesi tanya jawab. Acara ini dimoderatori oleh MC acara. Selanjutnya, acara game quiz. Quiz ini terdapat 3 pertanyaan yang harus dijawab dengan cepat dan tepat dengan tingkat kesulitan soal yang berbeda-beda, yaitu dari level satu sampai level tiga.

Setalah acara pemaparan materi, tanya jawab, serta quiz selesai. Kemudian, acara penyerahan cinderamata dan sertifikat. Pertama, penyerahan diberikan dari pihak UIN Jakarta kepada BMKG oleh ketua pelaksana Kunjungan Ilmiah yaitu Arman Dwi Saputra (Mahasiswa Fisika Geofisika Angkatan 2019) yang diterima oleh Ibu Judith selaku perwakilan pihak humas BMKG. Selanjutnya, penyerahan cinderamata oleh pihak BMKG kepada pihak UIN Jakarta yang diwakilkan oleh Ibu Judith dan diterima oleh MC sebagai perwakilan dari Ketua Himafi yaitu Kak Arjuna Satya Mandala (Mahasiswa Fisika Material Angkatan 2018).

Setalah serangkaian acara inti selesai, kegiatan ini ditutup dengan pembacaan doa penutup oleh Jilil Qur’ani (Mahasiswa Fisika Material Angkatan 2019). Kemudian, sesi dokumentasi berupa foto bersama yang dipimpin oleh Dila Salsa Ramadoni (Mahasiswa Fisika Geofisika Angkatan 2019). Setelah semua rangkaian kegiatan selesai, berakhirlah kegiatan Kunjungan Ilmiah ini pada pukul 12.01 WIB.










Categories
Seminar

Kuliah Umum: Geofisika – Aplikasi Metode Magnetotellurik untuk Identifikasi Sesar Aktif dan Geothermal

Geofisika – Aplikasi Metode Magnetotellurik untuk Identifikasi Sesar Aktif dan Geothermal

Tati Zera, M.Si. | 23 Oktober 2021

Kuliah Pengantar Geofisika sebagai salah satu mata kuliah pilihan pada peminatan Geofisika, menyelenggarakan kegiatan dosen tamu pada Sabtu 23 Oktober 2021 jam 08.00 – 10.00 wib melalui zoom cloud meeting.  Kegiatan ini mengundang peneliti dari kelompok Fisika Sistem Kompleks Pusat Riset Fisika Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), ibu Febty Febriani, Ph.D, yang merupakan pakar di bidang Magnetotellurik.




Disamping itu, sejak tahun 2018 ibu Febty juga rutin membimbing penelitian tugas akhir mahasiswa Fisika FST UIN Jakarta. Kuliah dengan bahasan Aplikasi Metode Magnetotellurik untuk Identifikasi Sesar Aktif dan Geothermal ini merupakan materi penting karena matakuliah khusus metode magnetotellurik tidak tersedia sebagai mata kuliah pilihan pada peminatan Geofisika. Untuk menyiasati ketiadaan matakuliah tersebutlah, maka kegiatan ini diselenggarakan. Demikian disampaikan oleh ibu Tati Zera, M.Si sebagai pengampu mata kuliah Pengantar Geofisika.

Turut memberikan sambutan dan membuka kegiatan ini bapak Dekan FST, Nashrul Hakiem, Ph.D yang menyampaikan agar keterkaitan antar  program-program studi lingkungan FST dapat menciptakan keterkaitan akademis yang saling menunjang. (TZ)

Berita lainnya

Categories
6. HIMAFI Departemen Minbak

ARTHOUR 2021

ARTHOUR 2021

Dep. Minat dan Bakat | Sabtu, 9 Oktober 2021

Departemen Minat dan Bakat Himpunan Mahasiswa Fisika (Himafi) menyelenggarkan program kerja Arthour dengan tema “Physhow“. Arthour merupakan program kerja yang menampilkan bakat mahasiswa aktif Fisika dalam bidang kesenian, sekaligus kegiatan yang membangun rasa kebersamaan antarmahasiswa aktif Fisika. 

Arthour sendiri bertujuan sebagai media penyaluran bakat kesenian, sekaligus sebagai ajang dalam rangka mempererat silaturahmi serta hubungan pertemanan, juga sebagai wadah pengembangan softskill Mahasiswa Fisika UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, terutama dalam bidang seni dan musik. 

Arthour dilaksanakan pada tanggal 9 Oktober 2021 via daring melalui aplikasi Zoom Meetings dari pukul 12.30 s/d 16.30 WIB, serta diikuti oleh seluruh mahasiswa aktif Fisika angkatan 2018, 2019, 2020, dan 2021.

Adapun rangkaian acara dalam Arthour diselenggarakan dalam beragam bentuk tampilan, seperti penampilan Himafikustik, pameran seni 2D, penampilan tiap angkatan, games, sampai acara terakhir yaitu pengumuman pemenang HIMAFIWEEK dan Arthour.

Acara dimulai pukul 14.00, dengan diawali pembukaan yang disampaikan oleh Djihan Agustin dan Ananda alif Janwar selaku Master of Ceremony (MC), kemudian dilanjut dengan pembacaan ayat suci Al-Quran oleh Muhammad Akmal Satria. Sesi selanjutnya yaitu mendengarkan lagu Indonesia Raya, kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Rehan Zaki Denora selaku Ketua pelaksana Arthour 2021. Setelah itu, sambutan dari Arjuna Satria Mandala Selaku Ketua Himpunan Mahasiswa Fisika (Himafi) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Setelah melewati sesi pembukaan acara, Arthour berlanjut dengan penampilan dari Himafikustik. Setelah Himafikustik, acara dimeriahkan dengan pameran seni 2D hasil karya mahasiswa fisika yang telah berkontribusi. Kemudian, setelah sesi pameran, dilanjutkan dengan sesi penampilan musik dari angkatan 2018 yang dibawakan oleh Muhammad Farhan.

Setelah penampilan dari angkatan 2018, acara berlanjut ke sesi games atau ice breaking pertama yaitu tebak gaya. Kemudian dilanjutkan Kembali dengan penampilan dari perwakilan angkatan 2019, yaitu duet vokal yang dibawakan oleh Deach ning Astuti dan Tasya Mutiara Dewi. 

Setelah penampilan dari perwakilan angkatan 2019, acara berlanjut dengan penampilan kedua dari Himafikustik. Setelah penampilan dari Himafikustik, acara dilanjutkan oleh penampilan dari perwakilan angkatan 2020 yang membawakan penampilan seni bela diri juga tarian daerah, seni bela diri tersebut dibawakan oleh Teungku Arya Purangga, dan Muhammad Fikry Rizal.

Sesi selanjutnya yaitu penampilan dari angkatan 2021, yaitu penampilan tarian daerah yang dibawakan oleh Qatrun Salwa, kemudian busking yang dibawakan oleh Muhammad Syarief Hidayatullah.

Acara selanjutnya, yaitu games kedua susun kata, dan Cinemoji. Sampai di puncak acara, yaitu pengumuman pemenang HIMAFIWEEK, dan dilanjutkan dengan pengumuman pemenang games Arthour. Kemudian, acara diakhiri dengan doa penutup yang dibacakan oleh Muhammad Akmal Satria. Tak lupa, sesi foto bersama yang dipimpin oleh perwakilan dari divisi Dekdok Arthour sebelum acara ditutup oleh MC. Demikian, berakhirlah rangkaian acara Arthour 2021.






Categories
6. HIMAFI Departemen Minbak

HIMAFI WEEK 2021 “Burn Up Your Spirit for Physics Solidarity and Unity”

HIMAFI WEEK 2021
“Burn Up Your Spirit for Physics Solidarity and Unity”

Dep. Minat dan Bakat | Sabtu, 9 Oktober 2021

Departemen Minat dan Bakat Himpunan Mahasiswa Fisika (HIMAFI) menyelenggarakan program kerja HIMAFI Week bertemakan “Burn Up Your Spirit for Physics Solidarity and Unity”. Acara berlangsung secara semi luring dengan rentang waktu 2 minggu, per tanggal 26 September – 9 Oktober 2021. Diadakan lima cabang lomba dalam HIMAFI Week; yaitu lomba catur, Mobile Legend, dan Stumble Guys yang dilaksanakan secara online; serta lomba futsal, dan bulu tangkis yang dilaksanakan secara offline.

Pembukaan HIMAFI Week 2021 dilaksanakan pada Minggu, 26 September 2021 secara daring melalui Zoom Meeting yang dimulai pukul 09.00 – 09.55 WIB. Acara dibuka oleh Djihan Agustin selaku Master of Ceremony (MC) kemudian dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al Quran oleh Sayidah, selanjutnya sambutan-sambutan yang diwakili oleh ketua pelaksana; Fajar Zulkautsari Muhammad, sambutan ketua Himpunan Mahasiswa Fisika oleh Arjuna Satria Mandala, juga sambutan ketua program studi Fisika sekaligus pembukaan kegiatan HIMAFI Week 2021 oleh Ibu Tati Zera, M.Si.

Setelahnya, acara memasuki sesi pembacaan janji wasit dan janji atlet yang masing-masing disampaikan oleh Rifaldo Rubizandri dan Rehan Zaki Denora. Acara pembukaan ditutup dengan pembacaan doa penutup oleh Tasya Mutiara Dewi, kemudian dilanjutkan dengan perlombaan Mobile Legend yang disiarkan secara langsung melalui Youtube HIMAFI.

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, HIMAFI Week 2021 ini dilaksanakan secara semi offline selama 12 hari. Di hari kedua, yaitu Senin, 27 September 2021 dilaksanakan lomba futsal dalam babak penyisihan pertama yang bertempat di Garasi Futsal. Di hari ketiga, Selasa, 28 September 2021 dilaksanakan lomba Stumble Guys yang disiarkan juga secara langsung melalui youtube HIMAFI. Hari keempat, Rabu, 29 September 2021 dilanjutkan semi final lomba Mobile Legend. Hari kelima, Kamis, 30 September 2021 dilaksanakan babak penyisihan kedua lomba futsal yang bertempat di Garasi Futsal. Hari keenam, Jumat, 1 Oktober 2021 kembali melanjutkan lomba Stumble Guys


Berlanjut ke hari ketujuh, Sabtu, 2 Oktober 2021 pelaksanaan lomba bulu tangkis yang bertempat di GOR Mustika. Hari kedelapan, Selasa, 5 Oktober 2021 pelaksanaan lomba catur yang disiarkan juga secara langsung melalui youtube HIMAFI. Hari kesembilan, Rabu, 6 Oktober 2021 dilaksanakan final lomba futsal yang bertempat di Garasi Futsal. Hari kesepuluh, Kamis, 7 Oktober 2021 kembali melanjutkan lomba Stumble Guys. Hari kesebelas, Jumat, 8 Oktober 2021 pelaksanaan final lomba Mobile Legend. Kemudian hari keduabelas atau hari terakhir, Sabtu, 9 Oktober 2021 terdapat puncak acara yaitu penutupan sekaligus pengumuman pemenang dari masing-masing cabang olahraga yang dilombakan HIMAFI Week 2021, acara ini diselenggarakan bersamaan dengan kegiatan Arthour 2021 yang dilakukan secara daring melalui Zoom Meeting.

Setelah serangkaian acara yang telah dilaksanakan tersebut, berakhirlah kegiatan HIMAFI Week 2021 dengan mendapatkan juara umum pada tahun ini yaitu dari angkatan 2019. Di mana total medali yang diperoleh oleh juara umum yaitu sebanyak 7 medali dengan rincian 3 medali emas dari cabang bulu tangkis ganda dan tunggal putra serta Mobile Legend, 1 medali perak dari cabang Stumble Guys, dan 3 medali perunggu dari cabang futsal putri, bulu tangkis ganda putri, serta catur.