Categories
6. HIMAFI Departemen Kemahasiswaan

Training Organization 2021: “Develop Leadership with Responsibility and Integrity”

Training Organization 2021: “Develop Leadership with Responsibility and Integrity”

Dep. Kemahasiswaan | 18 November 2021

Departemen Kemahasiswaan Himpunan Mahasiswa Fisika (Himafi) telah menyelenggarakan kegiatan Training Organization (TO) dengan tema “Develop Leadership with Responsibility and Integrity”. TO merupakan program kerja Himafi yang bertujuan untuk memberi pembekalan sebelum menjadi pengurus organisasi; berupa pelatihan organisasi yang mencakup pembahasan seputar keorganisasian, public speaking, team building, dan manajemen yang dikhususkan untuk mahasiswa/i Fisika aktif angkatan 2020 dan 2021. Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari, yaitu pada Sabtu, 13 November 2021 sampai Minggu, 14 November 2021 melalui platform Zoom Cloud Meeting.

Pada hari pertama, acara dimulai dengan pembukaan oleh MC, dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an, mendengarkan lagu Indonesia Raya, dan pembacaan tata tertib peserta. Selanjutnya sambutan oleh Sekar Pambayun A.S.T. selaku Ketua Pelaksana TO 2021, kemudian sambutan oleh Arjuna Satria Mandala selaku Ketua HIMAFI dan sambutan yang terakhir disampaikan oleh Ibu Tati Zera, M.Si. selaku Kepala Program Studi Fisika.

Acara inti dimulai dengan penyampaian materi yang dilakukan melalui 2 breakout room, yakni mahasiswa angkatan 2020 pada breakout room 1 dan mahasiswa angkatan 2021 pada breakout room 2. Materi pertama yakni Kepemimpinan, Keorganisasian, dan Jiwa Korsa yang membahas mengenai sifat kepemimpinan dan jiwa korsa dan pentingnya memiliki sifat-sifat tersebut dalam berorganisasi. Materi ini disampaikan oleh saudara Andri Kurniawan pada breakout room 1 dan saudara Muhammad Rizki Agung, S.Si. pada breakout room 2. Selanjutnya materi kedua yakni Manajemen Organisasi, Waktu, dan Konflik membahas mengenai bagaimana berorganisasi yang baik dan mengatur waktu agar lebih efisien serta mengatasi konflik yang mungkin terjadi dalam berorganisasi. Materi ini disampaikan oleh saudara Sultan Rivandi, S.Sos. pada breakout room 1 dan saudari Pebri Nurhayati pada breakout room 2. Setelah itu, terdapat sesi ice breaking berupa sharing dengan panitia pendamping melalui breakout room masing-masing kelompok dan dilanjutkan dengan ishoma.

Acara dilanjutkan dengan penyampaian materi berikutnya yakni Public Speaking yang membahas mengenai pentingnya public speaking dan cara melakukan public speaking yang baik. Materi ini disampaikan oleh saudara Akbar Ramadhani pada breakout room 1 dan saudara Ridwan Eko Laksono pada breakout room 2. Lalu dilanjutkan dengan materi berikutnya yakni Negosiasi dan Lobbying yang membahas mengenai hal-hal apa saja yang harus dilakukan dan tidak boleh dilakukan ketika melakukan negosiasi dan lobbying sehingga dapat memperoleh hasil yang diinginkan. Materi ini disampaikan oleh saudara Ilham Mashori, S.Si. pada breakout room 1 dan saudari Cut Fitria, S.Si. pada breakout room 2. Pada kedua sesi tersebut, peserta diperkenankan mempraktikkannya secara langsung setelah penyampaian materi selesai.

Pada hari kedua terdapat sesi Post To Post berupa pengujian seputar materi hari pertama yang dilakukan sebanyak 4 sesi melalui breakout room masing-masing kelompok. Kemudian dilanjutkan dengan penyampaian materi yang dilakukan di room utama. Materi pertama adalah Standar Operasional Prosedur (SOP) yang membahas mengenai pengertian dan tujuan SOP, serta persuratan dan keuangan di HIMAFI. Materi ini disampai oleh perwakilan BPH yaitu Arjuna Satria Mandala selaku Ketua HIMAFI, Nafisa Ulayya Salsabila selaku Sekretaris 2, dan Nurul Latifah selaku Bendahara 1. Setelah penyampaian materi selesai, dilakukan praktik dengan membuat rancangan kegiatan oleh setiap kelompok dan mempresentasikannya. Kemudian dilanjutkan dengan materi berikutnya yakni Teknik Sidang yang membahas mengenai alur persidangan dan cara melakukannya. Materi ini disampaikan oleh Rifky Ramadhan selaku pengurus HIMAFI periode sebelumnya. Lalu dilakukan praktik sidang pendahuluan oleh panitia dan dilanjutkan dengan praktik sidang pleno oleh peserta pada breakout room masing-masing angkatan 2020 dan 2021.

Kemudian acara berikutnya adalah wejangan dari Ketua HIMAFI dan dilanjutkan pengukuhan peserta oleh Ketua Pelaksana TO 2021 dengan membacakan ikrar pengukuhan lalu memberikan sertifikat peserta secara simbolis. Acara selanjutnya adalah pengumuman pemenang untuk peserta terbaik angkatan 2020 dan angkatan 2021 pada TO 2021, lalu dilanjutkan dengan pembacaan doa, kemudian penutupan oleh MC.