Categories
6. HIMAFI Departemen Kemahasiswaan

EKSPEDISI 2021: “Get to Know Each Other and Start Your Journey”

EKSPEDISI 2021: “Get to Know Each Other and Start Your Journey”

Dep. Kemahasiswaan | 1 November 2021

Departemen Kemahasiswaan Himpunan Mahasiswa Fisika (HIMAFI) telah menyelenggarakan kegiatan Eksperimen dan Pembinaan Prodi Fisika (EKSPEDISI) dengan tema “Get to Know Each Other and Start Your Journey”. EKSPEDISI merupakan program kerja HIMAFI yang bertujuan memberi pengetahuan kepada mahasiswa baru mengenai perkuliahan baik akademik maupun non akademik agar dapat beradaptasi dan menyesuaikan diri dengan lingkungan perkuliahan serta dapat melaksanakan masa studi dengan lebih baik. Kegiatan ini dilaksanakan selama tiga hari, yaitu pada Jumat, 15 Oktober 2021 sampai Minggu, 17 Oktober 2021 melalui platform Zoom Cloud Meeting.

Pada hari pertama, acara dimulai dengan pembukaan oleh MC, dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an, mendengarkan lagu Indonesia Raya, dan pembacaan tata tertib peserta,. Selanjutnya sambutan oleh Raihan Fawwaz Naufal selaku Ketua Pelaksana EKSPEDISI 2021, kemudian oleh Kak Arjuna Satria Mandala selaku Ketua HIMAFI dan sambutan yang terakhir sekaligus penyematan kepada perwakilan peserta disampaikan oleh Ibu Tati Zera, M.Si. selaku Kepala Program Studi Fisika. Acara selanjutnya adalah sesi Talkshow Keprodian mengenai Sistem Perkuliahan dan Administrasi Program Studi Fisika yang disampaikan oleh Ibu Elvan Yuniarti, M.Si selaku Dosen dan Sekretaris Prodi. Setelah itu, ishoma dan dilanjutkan dengan FGD Departemen dan Divisi yang disampaikan oleh 5 Kepala Departemen HIMAFI melalui Breakout Room.



Pada hari kedua terdapat sesi Talkshow bersama Dosen mengenai Motivasi dan Sharing Hal-hal Yang Diperlukan Untuk Menjadi Mahasiswa Yang Berprestasi yang disampaikan oleh Pak Ryan Rizaldy, M.Si selaku Dosen Prodi Fisika. Kemudian Talkshow bersama Alumni mengenai Perkuliahan dan Tantangan Dunia Kerja yang disampaikan oleh Kak Deden Midzanul Akbar, M.Si selaku Alumni Fisika. Dilanjutkan dengan Ice Breaking berupa games sambung kata. Lalu dilaksanakan Talkshow HIMAFI mengenai kepengurusan HIMAFI tahun 2017, 2019, dan 2021 yang disampaikan oleh Kak Putranto Prasetyo, S.Si selaku Ketua HIMAFI 2017, Ka Ridwan Eko Laksono selaku Ketua HIMAFI 2019, dan Ka Arjuna Satria Mandala selaku Ketua HIMAFI 2021. Setelah itu, ishoma dan dilanjutkan dengan presentasi tugas kelompok mengenai tokoh fisikawan yang dilanjutkan dengan sesi penjurian, sesi tanya jawab dan terdapat kuis berhadiah. Juri untuk tugas ini adalah alumni Fisika Kak Nanda Ridki Permana, S.Si. dan Kak Syaiful Izzuddin Salam, S.Si.



Pada hari ketiga diawali dengan melanjutkan presentasi tugas kelompok pada hari sebelumnya. Setelah itu, ishoma dan dilanjutkan dengan FGD Perkuliahan dan Prospek Kerja yang disampaikan oleh alumni dan senior Fisika. Kemudian pengukuhan peserta oleh Ketua HIMAFI dan Ketua Pelaksana EKSPEDISI 2021 dengan memberikan sertifikat kepada perwakilan peserta EKSPEDISI secara simbolis. Lalu ada wejangan yang disampaikan oleh alumni Fisika yaitu kak Agung Satriyo, S.Si. Acara selanjutnya adalah pengumuman pemenang untuk setiap kategori pada kegiatan EKSPEDISI 2021 dan dilanjutkan dengan pembacaan doa, kemudian penutupan oleh MC.