Categories
6. HIMAFI Departemen Minbak

SEMINAR DAN WORKSHOP KEWIRAUSAHAAN : “GET READY TO START YOUR EXPERIENCE BE A SMART AND CREATIVE MILLENIAL ENTREPRENEUR”

SEMINAR DAN WORKSHOP KEWIRAUSAHAAN : “GET READY TO START YOUR EXPERIENCE BE A SMART AND CREATIVE MILLENIAL ENTREPRENEUR”

Dep. Minat dan Bakat | Kamis, 23 September 2021

Departemen Minat dan Bakat Himpunan Mahasiswa Fisika (HIMAFI) menyelenggarakan program kerja Seminar dan Workshop Kewirausahaan dengan tema “Get Ready To Start Your Experience Be A Smart and Creative Millenial Entrepreneur”. Program kerja ini terbagi menjadi dua sesi yaitu seminar dan workshop. Workshop  dilaksanakan pada tanggal 19-23 September 2021. Peserta dibagi menjadi 12 kelompok untuk membuat mind map tentang rancangan usaha yang didampingi oleh 1 mentor disetiap kelompok.

Seminar dilaksanakan pada hari Sabtu, 25 September 2021 dari pukul 08.30 WIB s/d 12.00 WIB. Acara ini mengundang Kak Andri Kurniawan sebagai pemateri. Kak Andri Kurniawan merupakan mahasiswa aktif program studi Fisika UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan owner dari UwU Industries 3D Printing.

Acara dimulai pada pukul 08.31 diawali pengan pembukaan yang disampaikan oleh Dian Novitasari selaku Master of Ceremony (MC) kemudian dilanjut dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh Muhammad Ahlan Maulidi. Setelah itu, acara dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya yang dipimpin oleh Dian Novitasarai. Kemudian, acara dilanjutkan dengan sambutan dari Farah Aliya selaku Ketua Pelaksana, selanjutnya sambutan dari Arjuna Satria Mandala selaku Ketua Himpunan Fisika dan sambutan dari Ibu Tati Zera, M.Si selaku Ketua Program Studi Fisika UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Memasuki acara inti yaitu penyampaian materi yang dimoderatori oleh Tasya Mutiara Dewi. Materi disampaikan oleh Kak Andri Kurniawan dengan judul “How To Be an Entrepreneur”. Kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Kak Andri menjelaskan bagaimana langkah-langkah menjadi wirausahawan dan menceritakan pengalamannya saat merintis usaha yang dimiliknya. 

Menurutnya ada 4 langkah untuk menjadi wirausahawan. Pertama ialah knowledge, kita harus tahu betul apa yang kita jual dan melakukan riset tentang  usaha kita. Yang kedua yaitu experience, membuktikan pengetahuan yang kita ketahui sesuai dengan kenyataan yang ada dan mencoba agar usaha kita lebih efektif. Yang ketiga ialah preparation, menyiapkan hal-hal yang dibutuhkan seperti modal, space, waktu, dan lain lain. Yang terakhir ialah execution, yaitu mulai merintis usaha dengan pengetahuan, pengalaman, dan persiapan yang kita punya dan terus belajar dari pengalaman. Menurut Ka Andri bukan “apa yang membedakan usaha kita dengan dengan usaha sebelah” melainkan “apa kelebihan usaha kita dengan usaha sebelah”. Tidak mengapa usaha kita sama dengan usaha lain, tetapi usaha kita harus memiliki kelebihan yang membuat pelanggan betah dan tidak memilih usaha lain.



 

Setelah materi telah tersampaikan, selanjutnya ada penyerahan sertifikat untuk Tasya Mutiara Dewi selaku moderator dan penyerahan sertifikan untuk Kak Andri Kurniawan selaku pemateri yang diserahkan oleh Farah Aliya selaku Ketua Pelaksana. Setelah penyerahan sertifikat, selanjutnya sesi Ice Breaking yaitu diadakan quiz berhadiah dengan memakai aplikasi quizizz yang dipandu oleh MC.

 

Setelah sesi ice breaking selesai, kemudian dilanjut dengan penampilan tugas mind map hasil dari workshop yang kemudian dikomentari oleh Juri dan selanjutnya mengumumkan pemenang mind map terbaik. Kemudian acara ditutup dengan sesi foto bersama sebagai dokumentasi dan dilanjut dengan pembacaan doa penutup oleh Muhammad Ahlan Maulidi.