Categories
6. HIMAFI Departemen Sosro

KASA HIMAFI 2021

KASA HIMAFI 2021

Dep. Sosro | 21 Juli 2021

Jakarta,Juli 2021. Himpunan Mahasiswa Program Studi Fisika UIN Syarif Hidayatullah Jakarta melakukan serangkaian acara kegiatan sosial yaitu KASA HIMAFI 2021 untuk membantu masyarakat yang sangat terdampak oleh pandemi Covid-19.

Mengapa bernama KASA? Karena kita ketahui bahwa pada masa pandemi seperti ini perekonomian belum bisa stabil sepenuhnya dan masalah ini diibaratkan sebuah luka sehingga nama KASA kami gunakan dengan tujuan dapat membantu menutup sedikit luka kehidupan saudara-saudara yang membutuhkan bantuan. Kegiatan ini merupakan Program Kerja HIMAFI 2021 Divisi Sosial Masyarakat Departemen Sosial dan Rohani, dalam kegiatan ini mahasiswa Fisika baik mahasiswa aktif, alumni, dan dosen juga ikut serta turun membantu dari berbagai aspek, mulai dari penggalangan dana sampai pelaksanaan kegiatan itu sendiri.

Donasi yang kami dapatkan sangat bervariatif yaitu dalam bentuk bantuan dana, barang, tenaga dan doa sehingga kami dapat melaksanakan kegiatan ini dengan lancar dan tepat waktu. Selain itu dalam pelaksanaan kegiatan ini, kami juga dibantu oleh lembaga YBMPLN (Yayasan Baitul Ma’al PLN) dalam bentuk barang dan BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional) dalam bentuk dana. Donasi tersebut kami berikan kepada warga yang tinggal di Lapak Pemulung, Kampung Rawa Limbah, Ciputat, Tangerang Selatan dan dalam penyaluran donasi kami benar-benar mendapatkan respon positif dari para masyarakat.

Kegiatan KASA HIMAFI diselenggarakan secara luring / offline pada Sabtu, 10 Juli 2021 dan dimulai pada pukul 13.30 – Selesai. Dilaksanakan di Lapak Pemulung, Kampung Rawa Limbah, Ciputat, Tangerang Selatan. Kegiatan ini diwakili oleh teman-teman Divisi Sosial Masyarakat HIMAFI dan 7 volunteer KASA HIMAFI yang merupakan Mahasiswa aktif Prodi Fisika UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Kegiatan pertama merupakan Pembukaan acara yang dilakukan oleh panitia dan volunteer dengan isi pembukaannya; yaitu sambutan oleh kepala Departemen Sosial dan Rohani yaitu Annisa Salsabila dan pembacaan teknis serta aturan dari koordinator lapangan yaitu Rafif Ramadayatama. Masyarakat sangat berantusias menyambut acara pembukaan acara ini dan langsung berbaris di depan pos pembagian sembako sehingga volunteer divisi keamanan pun langsung merapikan barisan masyarakat untuk mengantri, setelah itu dilanjutkan dengan pembagian paket sembako yang dibagi menjadi dua titik yaitu di saung dan di mobil pick up.

Selanjutnya kegiatan pada acara KASA HIMAFI 2021 yang berada di pendopo yaitu saat pertama datang kita langsung membariskan anak-anak dan selalu mengingatkan untuk tetap menjaga jarak setelah itu kita membagikan masker serta memberikan handsanitizer kepada semua anak-anak yang hadir  kemudian dilanjutkan dengan pembukaan dan perkenalan diri setelah itu dilanjutkan dengan memberikan pertanyaan yang mengedukasi untuk anak-anak yang berada disitu yaitu tentang keislaman serta materi penjumlahan dan pengurangan kemudian dilanjutkan dengan memberi tebak-tebakan kepada anak-anak dimana anak-anak disini sangat berantusias dalam menjawab pertanyaan serta sangat berani dan percaya diri untuk tampil kedepannya setelah itu diakhiri dengan pemberian makanan ringan dan peralatan mewarnai lalu diakhiri dengan penutupan. Setelah kegiatan pembagian paket sembako para panitia langsung pulang ke rumah masing-masing dan evaluasi kegiatan KASA HIMAFI 2021 ini diadakan secara online melalui Google Meet.

Berita lainnya