Categories
6. HIMAFI

Berita Acara Focus Group Discussion

Focus Group Discussion (FGD) 2021 merupakan program lanjutan dari Kabim Jarak Jauh 2020 yang diselenggarakan oleh Departemen Kemahasiswaan Himafi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Berita Acara Focus Group Discussion

Author | 21 April 2021

Focus Group Discussion (FGD) 2021 merupakan program lanjutan dari Kabim Jarak Jauh 2020 yang diselenggarakan oleh Departemen Kemahasiswaan Himpunan Mahasiswa Fisika (HIMAFI) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan informasi dan penjelasan seputar kampus dibidang akademik maupun non-akademik kepada para mahasiswa baru 2020. Terdapat kakak pembimbing dari mahasiswa fisika angkatan 2018 dan 2019 yang membantu para peserta mahasiswa fisika angkatan 2020 dalam mengikuti rangkaian acara pada Focus Group Discussion (FGD) 2021.

Ada delapan topik materi pada FGD 2021 ini, dengan pembicara dari satu alumni dan tujuh mahasiswa aktif fisika Fakultas Sains dan Teknologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Kegiatan ini dimulai sejak tanggal 01 Februari s/d 22 Februari 2021 dengan diadakan dua kali pertemuan tiap minggunya secara daring (online) via platform Google Meet dan Zoom Meeting Clouds.

Di hari pertama pada Senin, 01 Februari 2021 pukul 10.00 WIB, FGD diisi dengan materi “Keorganisasian : HIMAFI” dengan pematerinya yaitu Arjuna Satria Mandala selaku ketua HIMAFI periode 2020-2021 UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Pada pertemuan ini terdapat penjelasan secara umum mengenai organisasi, HIMAFI, AD/ART, dan dilanjutkan dengan sesi diskusi tanya jawab antara peserta dengan pemateri.

Selanjutnya pada pertemuan kedua hari Kamis, 04 Februari 2021 pukul 10.00 WIB, FGD kembali dilaksanakan dengan materi “Keorganisasian : DEMA-F” yang disampaikan oleh Muchammad Fariz. Topik yang dibahas yaitu mengenai pengertian Dema-F, struktur organisasi, kegiatan-kegiatan terlaksana, dan juga terkait persyaratan pada oprec di DEMA-F Sains dan Teknologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Lalu dilanjutkan dengan sesi diskusi dan tanya jawab.

Pada pertemuan ketiga hari Senin, 08 Februari 2021 pukul 10.00 WIB, terdapat materi FGD berupa “Keorganisasian : SEMA-F”. Rizki Khusnul Adin selaku narasumber menjelaskan berbagai hal terkait SEMA-F, seperti fungsi, struktur, persyaratan menjadi anggota, tugas, dan tujuan dari SEMA-F Sains dan Teknologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Setelah pemaparan materi berlangsung, terdapat sesi diskusi tanya jawab antara peserta dengan pemateri.

Tidak terdapat FGD pada hari Kamis, 11 Februari 2021 di pertemuan keempat. Kegiatan yang dilakukan di hari tersebut hanya berupa Evaluasi yang dilaksanakan via platform Quizizz, kemudian dilanjutkan pertemuan masing-masing peserta dengan para kabimnya via Google Meet.

Selanjutnya, FGD kembali dilaksanakan pada Senin, 15 Februari 2021 dengan membahas tiga materi peminatan yang ada di program studi Fisika Fakultas Sains dan Teknologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Peminatan pertama yaitu geofisika, dilaksanakan pada pukul 10.00 WIB yang disampaikan oleh Nanda Ridki Permana selaku alumni dari Peminatan Geofisika angkatan 2016. Peminatan kedua mengenai instrumentasi dilaksanakan setelah istirahat shalat dzuhur yang diisi oleh Dimas Alifta Sulthoni selaku mahasiswa aktif fisika angkatan 2017 peminatan instrumentasi. Terakhir pada peminatan ketiga yaitu material, disampaikan oleh Fira Rizky selaku mahasiswa aktif fisika angkatan 2017 peminatan material. Dari tiap materi peminatan membahas terkait penjelasan umum tiap-tiap peminatan serta sharing session. Dilanjutkan dengan diskusi tanya jawab dari peserta dengan pemateri.

Pada FGD terakhir hari Kamis, 18 Februari 2021 terdapat dua materi mengenai informasi beasiswa. Beasiswa pertama yaitu Karya Salemba Empat (KSE) dengan narasumbernya yaitu Yuda Gunawan selaku mahasiswa fisika angkatan 2017 penerima beasiswa  KSE. Selanjutnya beasiswa kedua yaitu Peningkatan Prestasi Akademik (PPA) disampaikan oleh Annisa Fitria Nur Hanifah selaku mahasiswa aktif fisika angkatan 2017 penerima beasiswa PPA. Pada FGD mengenai informasi beasiswa, membahas tentang penjelasan dan berbagai persyaratan serta cara meng-apply terkait masing-masing beasiswa. Terdapat juga sharing session dan diskusi tanya jawab antara pemateri dan para peserta.

Selanjutnya pada Senin, 22 Februari 2021 dilakukan kembali Evaluasi via Quizizz. Setelah para peserta mengisi quizizz, diadakan pertemuan kelompok via Google Meet antara peserta dengan para kabimnya untuk menyampaikan kesan pesan sekaligus sebagai penutupan dari acara FGD Lanjutan 2021.

Berita lainnya