Categories
Seminar

Kuliah Umum: Geofisika – Aplikasi Metode Magnetotellurik untuk Identifikasi Sesar Aktif dan Geothermal

Geofisika – Aplikasi Metode Magnetotellurik untuk Identifikasi Sesar Aktif dan Geothermal

Tati Zera, M.Si. | 23 Oktober 2021

Kuliah Pengantar Geofisika sebagai salah satu mata kuliah pilihan pada peminatan Geofisika, menyelenggarakan kegiatan dosen tamu pada Sabtu 23 Oktober 2021 jam 08.00 – 10.00 wib melalui zoom cloud meeting.  Kegiatan ini mengundang peneliti dari kelompok Fisika Sistem Kompleks Pusat Riset Fisika Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), ibu Febty Febriani, Ph.D, yang merupakan pakar di bidang Magnetotellurik.




Disamping itu, sejak tahun 2018 ibu Febty juga rutin membimbing penelitian tugas akhir mahasiswa Fisika FST UIN Jakarta. Kuliah dengan bahasan Aplikasi Metode Magnetotellurik untuk Identifikasi Sesar Aktif dan Geothermal ini merupakan materi penting karena matakuliah khusus metode magnetotellurik tidak tersedia sebagai mata kuliah pilihan pada peminatan Geofisika. Untuk menyiasati ketiadaan matakuliah tersebutlah, maka kegiatan ini diselenggarakan. Demikian disampaikan oleh ibu Tati Zera, M.Si sebagai pengampu mata kuliah Pengantar Geofisika.

Turut memberikan sambutan dan membuka kegiatan ini bapak Dekan FST, Nashrul Hakiem, Ph.D yang menyampaikan agar keterkaitan antar  program-program studi lingkungan FST dapat menciptakan keterkaitan akademis yang saling menunjang. (TZ)

Berita lainnya

Categories
6. HIMAFI Departemen Minbak

ARTHOUR 2021

ARTHOUR 2021

Dep. Minat dan Bakat | Sabtu, 9 Oktober 2021

Departemen Minat dan Bakat Himpunan Mahasiswa Fisika (Himafi) menyelenggarkan program kerja Arthour dengan tema “Physhow“. Arthour merupakan program kerja yang menampilkan bakat mahasiswa aktif Fisika dalam bidang kesenian, sekaligus kegiatan yang membangun rasa kebersamaan antarmahasiswa aktif Fisika. 

Arthour sendiri bertujuan sebagai media penyaluran bakat kesenian, sekaligus sebagai ajang dalam rangka mempererat silaturahmi serta hubungan pertemanan, juga sebagai wadah pengembangan softskill Mahasiswa Fisika UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, terutama dalam bidang seni dan musik. 

Arthour dilaksanakan pada tanggal 9 Oktober 2021 via daring melalui aplikasi Zoom Meetings dari pukul 12.30 s/d 16.30 WIB, serta diikuti oleh seluruh mahasiswa aktif Fisika angkatan 2018, 2019, 2020, dan 2021.

Adapun rangkaian acara dalam Arthour diselenggarakan dalam beragam bentuk tampilan, seperti penampilan Himafikustik, pameran seni 2D, penampilan tiap angkatan, games, sampai acara terakhir yaitu pengumuman pemenang HIMAFIWEEK dan Arthour.

Acara dimulai pukul 14.00, dengan diawali pembukaan yang disampaikan oleh Djihan Agustin dan Ananda alif Janwar selaku Master of Ceremony (MC), kemudian dilanjut dengan pembacaan ayat suci Al-Quran oleh Muhammad Akmal Satria. Sesi selanjutnya yaitu mendengarkan lagu Indonesia Raya, kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Rehan Zaki Denora selaku Ketua pelaksana Arthour 2021. Setelah itu, sambutan dari Arjuna Satria Mandala Selaku Ketua Himpunan Mahasiswa Fisika (Himafi) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Setelah melewati sesi pembukaan acara, Arthour berlanjut dengan penampilan dari Himafikustik. Setelah Himafikustik, acara dimeriahkan dengan pameran seni 2D hasil karya mahasiswa fisika yang telah berkontribusi. Kemudian, setelah sesi pameran, dilanjutkan dengan sesi penampilan musik dari angkatan 2018 yang dibawakan oleh Muhammad Farhan.

Setelah penampilan dari angkatan 2018, acara berlanjut ke sesi games atau ice breaking pertama yaitu tebak gaya. Kemudian dilanjutkan Kembali dengan penampilan dari perwakilan angkatan 2019, yaitu duet vokal yang dibawakan oleh Deach ning Astuti dan Tasya Mutiara Dewi. 

Setelah penampilan dari perwakilan angkatan 2019, acara berlanjut dengan penampilan kedua dari Himafikustik. Setelah penampilan dari Himafikustik, acara dilanjutkan oleh penampilan dari perwakilan angkatan 2020 yang membawakan penampilan seni bela diri juga tarian daerah, seni bela diri tersebut dibawakan oleh Teungku Arya Purangga, dan Muhammad Fikry Rizal.

Sesi selanjutnya yaitu penampilan dari angkatan 2021, yaitu penampilan tarian daerah yang dibawakan oleh Qatrun Salwa, kemudian busking yang dibawakan oleh Muhammad Syarief Hidayatullah.

Acara selanjutnya, yaitu games kedua susun kata, dan Cinemoji. Sampai di puncak acara, yaitu pengumuman pemenang HIMAFIWEEK, dan dilanjutkan dengan pengumuman pemenang games Arthour. Kemudian, acara diakhiri dengan doa penutup yang dibacakan oleh Muhammad Akmal Satria. Tak lupa, sesi foto bersama yang dipimpin oleh perwakilan dari divisi Dekdok Arthour sebelum acara ditutup oleh MC. Demikian, berakhirlah rangkaian acara Arthour 2021.






Categories
6. HIMAFI Departemen Minbak

HIMAFI WEEK 2021 “Burn Up Your Spirit for Physics Solidarity and Unity”

HIMAFI WEEK 2021
“Burn Up Your Spirit for Physics Solidarity and Unity”

Dep. Minat dan Bakat | Sabtu, 9 Oktober 2021

Departemen Minat dan Bakat Himpunan Mahasiswa Fisika (HIMAFI) menyelenggarakan program kerja HIMAFI Week bertemakan “Burn Up Your Spirit for Physics Solidarity and Unity”. Acara berlangsung secara semi luring dengan rentang waktu 2 minggu, per tanggal 26 September – 9 Oktober 2021. Diadakan lima cabang lomba dalam HIMAFI Week; yaitu lomba catur, Mobile Legend, dan Stumble Guys yang dilaksanakan secara online; serta lomba futsal, dan bulu tangkis yang dilaksanakan secara offline.

Pembukaan HIMAFI Week 2021 dilaksanakan pada Minggu, 26 September 2021 secara daring melalui Zoom Meeting yang dimulai pukul 09.00 – 09.55 WIB. Acara dibuka oleh Djihan Agustin selaku Master of Ceremony (MC) kemudian dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al Quran oleh Sayidah, selanjutnya sambutan-sambutan yang diwakili oleh ketua pelaksana; Fajar Zulkautsari Muhammad, sambutan ketua Himpunan Mahasiswa Fisika oleh Arjuna Satria Mandala, juga sambutan ketua program studi Fisika sekaligus pembukaan kegiatan HIMAFI Week 2021 oleh Ibu Tati Zera, M.Si.

Setelahnya, acara memasuki sesi pembacaan janji wasit dan janji atlet yang masing-masing disampaikan oleh Rifaldo Rubizandri dan Rehan Zaki Denora. Acara pembukaan ditutup dengan pembacaan doa penutup oleh Tasya Mutiara Dewi, kemudian dilanjutkan dengan perlombaan Mobile Legend yang disiarkan secara langsung melalui Youtube HIMAFI.

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, HIMAFI Week 2021 ini dilaksanakan secara semi offline selama 12 hari. Di hari kedua, yaitu Senin, 27 September 2021 dilaksanakan lomba futsal dalam babak penyisihan pertama yang bertempat di Garasi Futsal. Di hari ketiga, Selasa, 28 September 2021 dilaksanakan lomba Stumble Guys yang disiarkan juga secara langsung melalui youtube HIMAFI. Hari keempat, Rabu, 29 September 2021 dilanjutkan semi final lomba Mobile Legend. Hari kelima, Kamis, 30 September 2021 dilaksanakan babak penyisihan kedua lomba futsal yang bertempat di Garasi Futsal. Hari keenam, Jumat, 1 Oktober 2021 kembali melanjutkan lomba Stumble Guys


Berlanjut ke hari ketujuh, Sabtu, 2 Oktober 2021 pelaksanaan lomba bulu tangkis yang bertempat di GOR Mustika. Hari kedelapan, Selasa, 5 Oktober 2021 pelaksanaan lomba catur yang disiarkan juga secara langsung melalui youtube HIMAFI. Hari kesembilan, Rabu, 6 Oktober 2021 dilaksanakan final lomba futsal yang bertempat di Garasi Futsal. Hari kesepuluh, Kamis, 7 Oktober 2021 kembali melanjutkan lomba Stumble Guys. Hari kesebelas, Jumat, 8 Oktober 2021 pelaksanaan final lomba Mobile Legend. Kemudian hari keduabelas atau hari terakhir, Sabtu, 9 Oktober 2021 terdapat puncak acara yaitu penutupan sekaligus pengumuman pemenang dari masing-masing cabang olahraga yang dilombakan HIMAFI Week 2021, acara ini diselenggarakan bersamaan dengan kegiatan Arthour 2021 yang dilakukan secara daring melalui Zoom Meeting.

Setelah serangkaian acara yang telah dilaksanakan tersebut, berakhirlah kegiatan HIMAFI Week 2021 dengan mendapatkan juara umum pada tahun ini yaitu dari angkatan 2019. Di mana total medali yang diperoleh oleh juara umum yaitu sebanyak 7 medali dengan rincian 3 medali emas dari cabang bulu tangkis ganda dan tunggal putra serta Mobile Legend, 1 medali perak dari cabang Stumble Guys, dan 3 medali perunggu dari cabang futsal putri, bulu tangkis ganda putri, serta catur.



Categories
6. HIMAFI Departemen Minbak

SEMINAR DAN WORKSHOP KEWIRAUSAHAAN : “GET READY TO START YOUR EXPERIENCE BE A SMART AND CREATIVE MILLENIAL ENTREPRENEUR”

SEMINAR DAN WORKSHOP KEWIRAUSAHAAN : “GET READY TO START YOUR EXPERIENCE BE A SMART AND CREATIVE MILLENIAL ENTREPRENEUR”

Dep. Minat dan Bakat | Kamis, 23 September 2021

Departemen Minat dan Bakat Himpunan Mahasiswa Fisika (HIMAFI) menyelenggarakan program kerja Seminar dan Workshop Kewirausahaan dengan tema “Get Ready To Start Your Experience Be A Smart and Creative Millenial Entrepreneur”. Program kerja ini terbagi menjadi dua sesi yaitu seminar dan workshop. Workshop  dilaksanakan pada tanggal 19-23 September 2021. Peserta dibagi menjadi 12 kelompok untuk membuat mind map tentang rancangan usaha yang didampingi oleh 1 mentor disetiap kelompok.

Seminar dilaksanakan pada hari Sabtu, 25 September 2021 dari pukul 08.30 WIB s/d 12.00 WIB. Acara ini mengundang Kak Andri Kurniawan sebagai pemateri. Kak Andri Kurniawan merupakan mahasiswa aktif program studi Fisika UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan owner dari UwU Industries 3D Printing.

Acara dimulai pada pukul 08.31 diawali pengan pembukaan yang disampaikan oleh Dian Novitasari selaku Master of Ceremony (MC) kemudian dilanjut dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh Muhammad Ahlan Maulidi. Setelah itu, acara dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya yang dipimpin oleh Dian Novitasarai. Kemudian, acara dilanjutkan dengan sambutan dari Farah Aliya selaku Ketua Pelaksana, selanjutnya sambutan dari Arjuna Satria Mandala selaku Ketua Himpunan Fisika dan sambutan dari Ibu Tati Zera, M.Si selaku Ketua Program Studi Fisika UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Memasuki acara inti yaitu penyampaian materi yang dimoderatori oleh Tasya Mutiara Dewi. Materi disampaikan oleh Kak Andri Kurniawan dengan judul “How To Be an Entrepreneur”. Kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Kak Andri menjelaskan bagaimana langkah-langkah menjadi wirausahawan dan menceritakan pengalamannya saat merintis usaha yang dimiliknya. 

Menurutnya ada 4 langkah untuk menjadi wirausahawan. Pertama ialah knowledge, kita harus tahu betul apa yang kita jual dan melakukan riset tentang  usaha kita. Yang kedua yaitu experience, membuktikan pengetahuan yang kita ketahui sesuai dengan kenyataan yang ada dan mencoba agar usaha kita lebih efektif. Yang ketiga ialah preparation, menyiapkan hal-hal yang dibutuhkan seperti modal, space, waktu, dan lain lain. Yang terakhir ialah execution, yaitu mulai merintis usaha dengan pengetahuan, pengalaman, dan persiapan yang kita punya dan terus belajar dari pengalaman. Menurut Ka Andri bukan “apa yang membedakan usaha kita dengan dengan usaha sebelah” melainkan “apa kelebihan usaha kita dengan usaha sebelah”. Tidak mengapa usaha kita sama dengan usaha lain, tetapi usaha kita harus memiliki kelebihan yang membuat pelanggan betah dan tidak memilih usaha lain.



 

Setelah materi telah tersampaikan, selanjutnya ada penyerahan sertifikat untuk Tasya Mutiara Dewi selaku moderator dan penyerahan sertifikan untuk Kak Andri Kurniawan selaku pemateri yang diserahkan oleh Farah Aliya selaku Ketua Pelaksana. Setelah penyerahan sertifikat, selanjutnya sesi Ice Breaking yaitu diadakan quiz berhadiah dengan memakai aplikasi quizizz yang dipandu oleh MC.

 

Setelah sesi ice breaking selesai, kemudian dilanjut dengan penampilan tugas mind map hasil dari workshop yang kemudian dikomentari oleh Juri dan selanjutnya mengumumkan pemenang mind map terbaik. Kemudian acara ditutup dengan sesi foto bersama sebagai dokumentasi dan dilanjut dengan pembacaan doa penutup oleh Muhammad Ahlan Maulidi. 



Categories
6. HIMAFI Departemen Sosro

KAMUS 2: “Being a Wonderful of Muslimah”

KAMUS 2: “Being a Wonderful of Muslimah”

Dep. Sosial dan Rohani | Minggu, 3 Oktober 2021

Departemen Sosial dan Rohani Himpunan Mahasiswa Fisika (HIMAFI) Fakultas Sains dan  Teknologi UIN Jakarta bekerja sama dengan Divisi Keputrian LDKS FST menyelenggarakan  Kajian Muslimah dengan tema, ” Being a Wonderful of Muslimah” pada Minggu, 03 Oktober  2021 sejak pukul 10.10 WIB s/d 12.00 WIB. Adapun narasumber kegiatan ini yaitu Kak Nurazizah  Trijayanti yang merupakan seorang Mahasiswi semester 7 di Institut Ilmu Al-Qur’an (IIQ) Jakarta  Program Studi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir. Kak Nurazizah Trijayanti juga seorang Penulis Buku  Antologi dan sering menjadi narasumber di berbagai kegiatan.

Kegiatan ini dimulai pukul 10.10 WIB yang diawali dengan pembukaan yang disampaikan  oleh Tasya Mutiara Dewi selaku Master of Ceremony (MC) dan kemudian dilanjutkan dengan  pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh Deti Kurniasari. Setelah itu dilanjutkan dengan sambutan sambutan yang disampaikan oleh Ani Rosidah selaku Ketua Keputrian LDKS FST, Annisa  Salsabila selaku Ketua Departemen Sosial dan Rohani Himpunan Mahasiswa Fisika (HIMAFI). 

Setelah itu, dilanjutkan dengan sesi foto bersama seluruh peserta yang hadir pada acara ini. Kemudian, sebelum memasuki acara inti, dibacakan CV dari pemateri terlebih dahulu yang disampaikan oleh MC. Memasuki acara selanjutnya, yaitu penyampaian materi yang dibawakan oleh Kak Nur Azizah Trijayanti dengan tema “Being a Wonderful of Muslimah”, kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Kak Nur Azizah Trijayanti menjelaskan mengenai keutamaan seorang muslimah beserta hadits-haditsnya, serta memberikan contoh beberapa muslimah yang mendunia. Ia juga memaparkan alasan mengapa seorang muslimah harus menjadi wonderful of muslimah dan tantangan untuk menjadi  wonderful of muslimah. 

Setelah semua materi “Wonderful of Muslimah” tersampaikan dan sesi tanya jawab selesai, acara selanjutnya adalah penyerahan sertifikat secara simbolis dari panitia kepada pemateri. Setelah sesi penyerahan sertifikat, dilanjut dengan sesi pembacaan doa oleh Devina Fitriana, kemudian acara Kajian Muslimah ditutup oleh MC

Muslimah adalah insan yang mulia; saat iman menjadi lentera dan Islam menjadi jalan hidupnya. Karena wanita shalihah adalah sebaik-baiknya perhiasan dunia. Sebab, wanita mulia berpeluang besar masuk surga lewat pintu mana saja; menjadi ibu, tiga derajat lebih tinggi daripada ayah, juga kedudukannya lebih baik daripada bidadari surga.

Departemen Sosro


Categories
6. HIMAFI Departemen Sosro

TARA HIMAFI x SEGI

TARA HIMAFI x SEGI

Dep. Sosial dan Rohani | 20 Oktober 2021

TARA HIMAFI merupakan kegiatan program kerja HIMAFI yang berkolaborasi dengan salah satu komunitas berbagi yaitu “Semangat Berbagi” dimana kegiatan ini berupa memberikan paket takjil Ramadhan kepada para pekerja jalan, seniman jalan, ojek online serta masyarakat yang sekiranya membutuhkan. Kegiatan ini mampu menyalurkan sebanyak 72 paket takjil di 4 titik berbeda yaitu:

  • BMKG-Rempoa
  • Pasar Ciputat
  • Kampus 2 UIN Jakarta
  • Kampung Utan, Ciputat

#TARAxSEGI

#BUKAMATATANGGAPREALITA

Categories
6. HIMAFI Departemen Sosro

KAMUS 1: “ Antara Aku, Kamu, dan Allah”

KAMUS 1: “Antara Aku, Kamu, dan Allah”

Dep. Sosial dan Rohani | Sabtu, 29 Mei 2021

Departemen Sosial dan Rohani Himpunan Mahasiswa Fisika (HIMAFI) Fakultas Sains dan  Teknologi UIN Jakarta menyelenggarakan Kajian Muslimah dengan tema, ” Antara Aku, Kamu,  dan Allah” pada Sabtu, 29 Mei 2021 sejak pukul 08.30 WIB s/d 12.00 WIB. Adapun narasumber  kegiatan ini yaitu Kak Nadhira Arini yang merupakan seorang Penulis Buku dan Influencer yang  juga sering menjadi narasumber dalam berbagai kegiatan. Kak Nadhira Arini juga sering berperan  menjadi Volunteer di berbagai negara untuk membantu saudara muslim lainnya. 

Kegiatan ini dimulai pukul 08.30 WIB yang diawali dengan pembukaan yang disampaikan  oleh Jilil Qur’ani Syarifuddin selaku Master of Ceremony (MC) dan kemudian dilanjutkan dengan  pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh Devina Fitriana. Setelah itu, menyanyikan lagu Indonesia  Raya dan kemudian dilanjutkan dengan sambutan-sambutan yang disampaikan oleh Listiana  Lestari selaku Ketua Pelaksana, Arjuna Satria Mandala selaku Ketua Himpunan Mahasiswa Fisika (HIMAFI), serta Ibu Tati Zera, M.Si. selaku Ketua Program Studi Fisika Fakultas Sains dan  Teknologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Kegiatan ini dimulai pukul 08.30 WIB yang diawali dengan pembukaan yang disampaikan  oleh Jilil Qur’ani Syarifuddin selaku Master of Ceremony (MC) dan kemudian dilanjutkan dengan  pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh Devina Fitriana. Setelah itu, menyanyikan lagu Indonesia  Raya dan kemudian dilanjutkan dengan sambutan-sambutan yang disampaikan oleh Listiana  Lestari selaku Ketua Pelaksana, Arjuna Satria Mandala selaku Ketua Himpunan Mahasiswa Fisika (HIMAFI), serta Ibu Tati Zera, M.Si. selaku Ketua Program Studi Fisika Fakultas Sains dan  Teknologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Sebelum memasuki kegiatan inti, terlebih dahulu yaitu pembacaan Curiculum Vitae moderator yang disampaikan oleh MC dan selanjutnya pembacaan Curiculum Vitae narasumber yang disampaikan oleh moderator. Penyampaian materi disampaikan oleh Kak Nadhira Arini  dengan tema, “ Antara Aku, Kamu, dan Allah”. Kak Nadhira Arini menjelaskan apa yang harus  dilakukan ketika sedang jatuh cinta serta menjelaskan hal apa saja yang membuat susah move on atau melupakan seseorang yang belum ditakdirkan untuk kita. Kak Nadhira Arini juga menjelaskan  lebih dalam mengenai ta’aruf seperti mengapa harus ta’aruf, hal-hal apa yang harus dipersiapkan diri sendiri dan pertanyaan-pertanyaan apa saja yang harus diajukan kepada partner ta’aruf. Lalu  Kak nadhira Arini juga menjelaskan makna yang sebenarnya dari kata Sakinah, Mawaddah, wa Rahmah.

Setelah materi telah tersampaikan dan sesi tanya jawab telah selesai, acara selanjutnya yaitu penyerahan sertifikat secara simbolis kepada pemateri dan moderator kemudian ditutup  dengan pembacaan doa oleh Tasya Mutiara Dewi, kemudian diakhiri dengan sesi foto bersama dengan seluruh peserta yang hadir pada acara ini.

Jatuh cinta adalah salah satu anugerah dari Allah, namun tugas kita ketika sedang jatuh cinta adalah, bagaimana cara mengelola perasaan cinta tersebut agar tetap sesuai dengan syariat Allah. Obat ketika jatuh cinta adalah menikah, menikah jika sudah siap secara fisik, mental, dan finansial. Apabila jatuh cinta namun belum siap menikah, maka lupakan. Sesuatu yang membuat sulit ketika move on adalah salah menemukan fokus dan fokusnya bukan ke Allah.

Departemen Sosro






Categories
6. HIMAFI Departemen Sosro

SIGMA 2021

SIGMA 2021

Dep. Sosial dan Rohani | Senin, 29 Maret 2021

Sunnah itu Ghirohnya Mahasiswa Fisika (SIGMA) merupakan salah satu program kerja Himpunan Mahasiswa Fisika (HIMAFI) Fakultas Sains dan Teknologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta yang dilaksanakan sebanyak 2 kali dalam satu periode kepengurusan. SIGMA ditujukan kepada mahasiswa/i program studi Fisika Fakultas Sains dan Teknologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dengan rangkaian kegiatan yang berlangsung sejak bulan Maret sampai dengan bulan September 2021.

Adapun rangkaian kegiatan tersebut berupa reminder pelaksanaan amalan sunnah yang dilakukan secara rutin yang diawali dan diakhiri dengan kegiatan inti berupa webinar yang berisi khataman Al-Qur’an Juz 30, pembacaan Al-Matsurat, dan kajian yang diisi oleh seorang narasumber ahli menurut perspektif dan keilmuannya. Tujuan diadakannya kegiatan ini adalah untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan serta memperkenalkan amalan sunnah khususnya kepada mahasiswa/i program studi Fisika Fakultas Sains dan Teknologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. 

SIGMA ini merupakan kegiatan berkelanjutan yang dimulai pada tanggal 29 Maret s/d bulan September 2021. Sepanjang menuju kegiatan inti yang ke-2 yaitu pada bulan September 2021, peserta SIGMA diberikan reminder amalan sunnah dan laporan pelaksanaan amalan melalui form kejujuran. Hal tersebut guna fastabiqul khoirat dalam kebaikan. 

Kegiatan inti SIGMA pertama yang diselenggarakan pada Senin, 29 Maret 2021 mengangkat tema “Millenial Gaul Berakhlak Rasulullah SAW”. Dimana tema tersebut terinspirasi agar di tengah era digital seperti sekarang ini kita masih bisa eksis namun tetap dalam frame syariat. Kegiatan ini dilakukan secara daring melalui Zoom Cloud Meetings dengan narasumber ahli yaitu Kak M. Rofiq Nawawi, S.Pd.

Categories
6. HIMAFI Departemen Sosro

SIGMA 2 : “Fisikawan Juga Bisa Jadi Ahli Qur’an”

SIGMA 2 : “Fisikawan Juga Bisa Jadi Ahli Qur’an” 

Dep. Sosial dan Rohani | Selasa, 21 September 2021

Departemen Sosial Rohani Himpunan Mahasiswa Fisika (HIMAFI) menyelenggarakan  webinar keislaman dengan tema “Fisikawan Juga Bisa Jadi Ahli Qur’an” pada hari Selasa, 21  September 2021 dari pukul 15.40 WIB s/d 17.55 WIB. Acara ini mengundang Ustaz  Muhammad Luthfi, Lc. sebagai pemateri. Ustaz Muhammad Luthfi, Lc merupakan Mudir Pesanten Tahfizh Darul Hikmah. Beliau juga merupakan Wakil Ketua Musyrifin RQ Semesta dan sudah hafal Al-Qur’an 30 Juz serta bersanad. 

Acara dimulai pukul 15.40 WIB diawali dengan pembukaan yang disampaikan oleh Listiana Lestari selaku Master of Ceremony (MC), kemudian pembacaan ayat suci Al Qur’an oleh Faris Fawwaz Subekti. Setelah itu, acara dilanjutkan dengan sambutan dari Andika Dwi Putra Pratama selaku wakil ketua Himpunan Mahasiswa Fisika, dan sambutan dari Devina Fitriana selaku Ketua Acara SIGMA. Setelah sambutan-sambutan, dilanjut dengan khataman Al-Qur’an 30 juz yang dipimpin oleh Faris Fawwaz Subekti. Setelah itu, pembacaan Al Ma’tsurat yang dipimpin oleh Tasya Mutiara Dewi.

Memasuki inti acara, yaitu penyampaian materi yang dimoderatori oleh Dhoni Ikhsan Widodo. Materi disampaikan oleh Ustaz Muhammad Luthfi dengan tema “Fisikawan Juga Bisa Jadi Ahli Qur’an” yang langsung dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Ustaz Muhammad Luthfi, Lc, menjelaskan mengenai pentingnya Al-Qur’an bagi kehidupan kita. Dan beliau  menegaskan apapun profesi kita, kesibukan kita, jangan sampai melupakan Al-Qur’an, selalu libatkan Al-Qur’an dalam kehidupan kita. Segala sesuatu yang berhubungan dengan Al-Qur’an  maka akan menjadi mulia. Beliau juga menegaskan bahwa membaca Al-Qur’an adalah amalan yang sangat mulia bahkan dibanding amalan zikir dan doa sehabis shalat. Al-Qur’an lebih utama daripada zikir tasbih dan takbir. Padahal kita ketahui bahwa keutamaan tasbih dan takbir sudah sangat mulia.

Ustaz Muhammad Luthfi juga memberikan reminder kepada audiens, jangan sampai  menghafal Al-Qur’an dengan niat yang salah, yakni bukan karena Allah. Dan perlu diingat  bahwa menghafal Al-Qur’an itu fardu kifayah dan menjaganya adalah sebuah kewajiban yang  dilakukan seumur hidup sampai ajal menjemput. Jadi, jangan sampai kita melupakan hafalan Al-Qur’an kita dan sembari menambahnya. Namun, jangan sampai kita tidak mau untuk menambah hafalan kita, karena takut akan dosa-dosa karena melupakannya. 

Setelah semua materi telah tersampaikan, acara dilanjut dengan penyerahan sertifikat  secara simbolis kepada pemateri dan moderator dan setelah itu, melakukan sesi foto bersama  pemateri dengan seluruh peserta yang hadir pada acara ini sebagai dokumentasi. Kemudian, acara ditutup dengan pembacaan doa oleh Reza Rahmansyah. 

Jangan sampai kita melupakan ataupun menghiraukan Al-Qur’an yang merupakan  pondasi hidup dan hal terpenting bagi Umat Islam dan perlu digarisbawahi bahwa semua orang dengan profesi apapun, latar belakang apapun dapat menjadi Ahli Qur’an, asalkan memiliki semangat dan kemauan yang kuat.




“Saat Anda bersama Al-Qur’an, disitulah Anda berada di atas kebenaran”.

Ustaz Muhammad Luthfi
Categories
Seminar

Diskusi Bulanan: Common Mistakes in Writing for Reputable Journals

Diskusi Bulanan: Common Mistakes in Writing for Reputable Journals

Biaunik Niski Kumila, M.S. | 15 Oktober 2021

Prodi Fisika kembali mengadakan diskusi bulanan online pada hari Rabu, 13 Oktober 2021 dengan tema “Common Mistakes in writing for Reputable Journal” Acara dibuka oleh MC dilanjutkan sambutan Kaprodi Fisika Ibu Tati Zera. Dalam sambutannya Kaprodi Fisika sangat mendukung kegiatan diskusi dosen dan kegiatan serupa untuk mendorong peningkatan kualitas civitas akdemik Prodi Fisika terutama dalam hal literasi ilmiah.

Kegiatan diskusi dipandu oleh moderator dengan narasumber Ibu Dr. Sitti Ahmiatri Saptari, M.Si , dosen program studi Fisika FST UIN Syarif Hidayatullah. Beliau menjelaskan struktur penulisan yang umum digunakan oleh jurnal-jurnal bereputasi yaitu struktur IMRaD (Introduction, Methods, Rusult and Discussion). Beliau juga menjelaskan konten, karakteristik dan kelayakan tiap unsur penulisan mulai dari abstrak, pendahuluan (introduction), metode (methods), hasil (result), pembahasan (discussion) dan kesilmpulan (conclusion).

Dalam materinya, narasumber memberikan contoh-contoh kesalahan umum yang dilakukan penulis dalam penulisaannya di jurnal bereputasi. Salah satunya adalah penulis sering tidak menyatakan gap analysis yang bisa berupa keterbaruan (novelty), orisinalitas dan/atau perbedaan dari penelitian-penelitian sebelumnya. Sedangkan dalam judul, penulisan singkatan harus dihindari kecuali istilah singkatan yang umum dipahami, seperti DNA, XRD, dan lain-lain. Selain itu, beliau juga menjelaskan bahwa konten/struktur penulisan abstrak harus jelas dan bisa dipahami jika terpisah dari struktur lainnya.  

Untuk selanjutnya prodi Fisika berkomitmen untuk menyelenggarakan kegiatan serupa untuk meningkatkan kualitas seluruh civitas akademik terutama di wilayah Prodi Fisika. (bia)

Berita lainnya