Categories
6. HIMAFI Departemen Litbang

HIMAFI ROBOTIC CLUB

Berita Acara Kegiatan Offline HIMAFI Robotic Club

Dep. Litbang | 26 April 2021


Kegiatan Club Robotik sebelumnya dilaksanakan secara daring atau online via google meet yang sudah berjalan selama satu bulan. Untuk memperdalam pemahaman mengenai teknologi robot maka dilaksanakan pertemuan offline Club Robotik pada Minggu, 17 April 2021 di Tangerang Selatan dengan tetap mematuhi protocol kesehatan seperti, memakai masker, menjaga jarak, dan tidak berkerumun, serta melalui perizinan prodi dan orang tua dari mahasiswa yang menjadi peserta pertemuan offline Club Robotik.

Club Robotik ini juga dibagi menjadi dua kelas yaitu, kelas Beginners pukul 10.00 WIB untuk mahasiswa/i Angkatan 2020 yang baru mengikuti dan mempelajari tentang teknologi robot dan kelas Advance pukul 13.00 WIB untuk mahasiswa/i yang sudah memahami dasar-dasar teknologi robot. Kegiatan ini juga dihadiri oleh Ketua MPKPO HIMAFI UIN Jakarta selaku mahasiswa Fisika Geografi 2017, Akbar Ramadhani dan juga ketua Departemen Penelitian dan Pengembangan HIMAFI UIN Jakarta, Dhoni Ikhsan Widodo, Pengurus Club Robotik, dan 13 orang anggota.

 

Kelas beginners membahas mengenai “Penggunaan Liquid Crystal Display (LCD) dan Light-Emiting Diode (LED) dalam rangkaian Elektronika” dengan dipandu langsung oleh Mahasiswa Fisika Instrumentasi UIN Jakarta 2018, Rino Gabriel Alfarizi (Ketua Club Robotik) dan Abdillah Fikri. Pada kelas ini diajarkan untuk membuat rangkaian LED dan LCD menggunakan program Arduino IDE dan cara juga membaca resistor.








kelas advance membahas mengenai “Rancang Bangun Sistem Monitoring Kelembapan Tanah Berbasis Internet of Things (IoT)” dengan dipandu langsung oleh Dimas Alifta Sulthoni, Mahasiswa Fisika Instrumentasi UIN Jakarta 2017. Kelas ini diajarkan cara untuk mengukur kelembaman tanah dengan resistivitas tanah basah dan kering menggunakan node MCU ESP8266. Kegiatan offline Club Robotik selesai pada pukul 16.00 WIB ditutup dengan foto bersama dan doa penutup. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi wadah untuk generasi penerus bangsa untuk mengembangkan potensinya dalam bidang sains fisika didalam kemajuan teknologi pada masa kini.

Berita lainnya