Categories
6. HIMAFI

Berita Acara Rapat Kerja HIMAFI Periode 2020-2021

Berita Acara Rapat Kerja HIMAFI Periode 2020-2021

Author | 25 Maret 2021

Rapat Kerja adalah kegiatan rutin yang diadakan pada awal kepengurusan dalam rangka memaparkan dan menetapkan program kerja yang akan dilaksanakan selama satu periode kepengurusan HIMAFI. Tujuan kegiatan ini adalah untuk memberikan informasi terkait program kerja yang akan dilaksanakan selama satu periode kepengurusan HIMAFI kepada seluruh mahasiswa aktif Fisika. Acara ini diadakan pada Sabtu, 6 Februari 2021 pada pukul 08.30 WIB secara daring (online) via Zoom Meeting Clouds. Rapat Kerja dihadiri oleh Ketua Program Studi Fisika, Ibu Tati Zera, M.Si, alumni-alumni Fisika, Perwakilan dari SEMA dan DEMA Fakultas Sains dan Teknologi, dan Mahasiswa Aktif Fisika UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Acara dimulai dengan pembukaan oleh Muhammad Rafif Dwidayatama (Mahasiswa Fisika angkatan 2019) selaku Master of Ceremony. Dilanjutkan dengan pembacaan Tilawatil Qur’an oleh Tasya Mutiara Dewi (Mahasiswa Fisika angkatan 2019). Setelah itu dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Rangkaian acara berikutnya adalah sambutan dari Ketua HIMAFI Periode 2020-2021 yaitu Arjuna Satria Mandala. Dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua Program Studi Fisika, Ibu Tati Zera, M.Si. Ibu Tati juga menyampaikan harapan-harapan besar kepada himpunan, Ibu Tati mengharapkan adanya sinergi antara himpunan dan prodi, dimana dari sinergi itu akan membentuk silaturahmi dan saling mendukung membentuk simbiosis yang saling menguntungkan. Ibu Tati juga berharap kinerja pengurus HIMAFI periode ini lebih baik dari yang sebelumnya, untuk itu semua anggota HIMAFI harus meningkatkan kerja interen dan eksteren antara HIMAFI, Prodi, Dosen, Fakultas, dan juga dengan kampus secara keseluruhan dapat bekerja secara baik dan dapat mendapatkan prestasi-prestasi yang baik. Ibu Tati juga mengucapkan terima kasih kepada Pengurus HIMAFI periode sebelumnya dan selamat datang kepada Pengurus HIMAFI yang baru.

Setelah semua sambutan selesai, masuklah ke acara Serah Terima Jabatan Kepengurusan HIMAFI Periode 2020-2021. Pembacaan Ikrar HIMAFI dibacakan oleh Kak Ridwan Eko Laksono selaku Ketua HIMAFI periode sebelumnya dan diikuti oleh seluruh Pengurus HIMAFI Periode 2020-2021. Kak Ridwan Eko Laksono juga berpesan semoga kepengurusan HIMAFI periode kali ini dapat berjalan dengan baik dan segala macam tantangan dapat terlewati. Dalam rangkaian acara Sertijab ini, Arjuna Satria Mandala selaku Ketua HIMAFI Periode 2020-2021 juga berpesan terima kasih kepada Pengurus HIMAFI periode sebelumnya atas pesan yang telah diberikan dan memohon bimbingan, saran, dan masukan dari Pengurus HIMAFI periode sebelumnya untuk kepengurusan sekarang agar HIMAFI menjadi lebih baik. Tidak lupa, Arjuna juga menyampaikan mohon dukungan dan partisipasi dari seluruh Mahasiswa Fisika untuk ikut serta dalam program kerja HIMAFI Periode 2020-2021.

Acara selanjutnya adalah Sidang Pendahuluan yang dipimpin oleh Presidium Sementara, yaitu Muhammad Naufal (Mahasiswa Fisika angkatan 2017) sebagai Presidium I, Rifky Ramadhan (Mahasiswa Fisika angkatan 2018) sebagai Presidium II, dan Sofyan Azmi (Mahasiswa Fisika angkatan 2019) sebagai Presidium III. Pada Sidang Pendahuluan ini membahas rangkaian acara, tata tertib rapat, dan pemilihan presidium tetap. Sidang pendahuluan dimulai pada pukul 09.17 WIB sampai dengan 10.54 WIB. Hasil dari Sidang Pendahuluan ini adalah terpilihnya Presidium Tetap, yaitu Rifky Ramadhan (Mahasiswa Fisika angkatan 2018) sebagai Presidium I, Fajar Nurrisky (Mahasiswa Fisika angkatan 2019) sebagai Presidium II, dan Dirzy Adam (Mahasiswa Fisika angkatan 2020) sebagai Presidium III melalui voting dari seluruh peserta Rapat Kerja HIMAFI Periode 2020-2021.

Acara selanjutnya adalah acara inti dari Rapat Kerja ini, yaitu Sidang Pleno. Sidang Pleno dipimpin oleh Presidium Tetap yang sudah terpilih saat Sidang Pendahuluan. Acara ini dimulai pada pukul 10.55 WIB. Sidang Pendahuluan ini berisi pemaparan program kerja yang akan dilaksanakan selama satu periode kepengurusan oleh Kepala Departemen yang ada di HIMAFI dan musyawarah dengan seluruh Mahasiswa aktif Fisika mengenai program kerja tersebut. Diawali dengan BPH (Badan Pengurus Harian) yang diwakilkan oleh Arjuna Satria Mandala selaku Ketua Himpunan memaparkan program kerjanya. Program kerja dari BPH ini ada 5, yaitu Rapat Kerja yang sedang dilaksanakan sekarang, Meet Up HIMAFI yang akan dilaksanakan setelah setengah periode kepengurusan, Uang Kas jika kuliah sudah dilaksanakan secara offline, Tranparasi Dana yang akan dilaksanakan sebulan sekali, dan yang terakhir adalah Suksesi dan Konferensi HIMAFI 2021. Selanjutnya adalah pemaparan program kerja dari Departemen Kemahasiswaan yang diwakilkan oleh Nurul Aini Dahwan selaku Kepala Departemen. Departemen ini dibagi menjadi dua divisi. Divisi Kemahasiswaan memiliki program kerja PBAK 2021, Ekspedisi, KBM (Kegiatan Bimbingan Maba), Training Organization, dan PDKT (Pendekatan). untuk Divisi Advokasi memiliki dua program kerja, yaitu Atmosphere (At Message On Physics Hearing) dan program kerja baru pada kepengurusan kali ini yaitu Angkut (Angsuran UKT).

Dilanjutkan dengan pemaparan program kerja Departemen Sosial Rohani yang diwakilkan oleh Annissa Salsabila selaku Kepala Departemen. Departemen ini juga memiliki dua divisi, yaitu Divisi Sosial Masyarakat dan Divisi Keislaman. Divisi Sosial Masyarakat memiliki 5 program kerja, yaitu Tara HIMAFI x SEGI, PERI (Perlindungan Diri HIMAFI), KASA HIMAFI, SOS (Satu Orang Satu Kebaikan), dan Kotak Sosial yang akan diadakan setiap hari Jumat. Untuk Divisi Keislaman memiliki 6 program kerja, yaitu GEMAR (Gema Ramadhan), KAMUS (Kajian Muslimah), Fisika Cinta Al-Qur’an, SIGMA (Sunnah Itu Ghirohnya Mahasiswa Fisika), Ensiklopedia Islam, dan HIMAFI Love Story.

Pemaparan program kerja dilanjutkan oleh Departemen Komunikasi dan Informasi yang diwakilkan oleh Wahyu Fitrianto selaku Ketua Departemen. Departemen ini memiliki dua divisi, yaitu Divisi Pers dan Informasi, dan Divisi Media Kreatif. Untuk Divisi Pers dan Informasi memiliki 3 program kerja, yaitu PHY-SITE, Database dan Dokumentasi, dan PYDIO (Physics On Audio). Sedangkan untuk Divisi Media Kreatif mempunyai 2 program kerja, yaitu Instaphy dan HIMAFI TV. Selanjutnya adalah pemaparan program kerja dari Departemen Minat dan Bakat yang diwakilkan oleh Shinta Oktaviananda selaku Ketua Departemen. Departemen ini terbagi menjadi dua divisi. Divisi Seni dan Olahraga memiliki 5 program kerja, yaitu HIMAFI Sport Club, HIMAFI Week, Arthour, Seminar HIMAFI, dan GAOL (Galeri Olahraga). Untuk Divisi Kewirausahaan memiliki 4 program kerja, yaitu Workshop Kewirausahaan, Phycloth, PHYPA (Physics Promotion Media), dan Dana Usaha.

Terakhir ada pemaparan program kerja dari Departemen Penelitian dan Pengembangan yang diwakilkan oleh Dhoni Ikhsan Widodo selaku Kepala Departemen. Divisi Kajian dan Keilmuwan memiliki 4 program kerja, yiatu DSM (Diskusi Sains Modern), Kunjungan Ilmiah, Seminar Peminatan, dan Tutoring Laplace. Untuk Divisi Riset dan Teknologi sendiri memiliki 2 program kerja, yaitu Club Robotik HIMAFI dan Club Research HIMAFI. Selain pemaparan program kerja oleh Kepala Departemen masing-masing, pada Sidang Pleno ini juga terdapat musyawarah untuk menyampaikan pendapat atau saran kepada Pengurus HIMAFI dari Mahasiswa aktif Fisika maupun alumni-alumni Fisika. Setelah itu ditampilkan timeline  dari keseluruhan program kerja. Sidang Pleno ditutup dengan konsideran yang dipimpin oleh Presidium Tetap.

Setelah itu acara dikembalikan ke MC untuk acara penutupan. Acara penutupan pertama adalah dilakukannya foto bersama bagi seluruh peserta Rapat Kerja HIMAFI Periode 2020-2021 sebagai dokumentasi. Lalu dilanjutkan dengan pembacaan doa penutup oleh Reza Rahmansyah (Mahasiswa Fisika angkatan 2018) selaku perwakilan dari Divisi Keislaman. Acara Rapat Kerja HIMAFI Periode 2020-2021 selesai tepat pada pukul 15.00 WIB.

Berita lainnya