Categories
Workshop

Workshop: Jurnal & Club Research Fisika UIN Jakarta

Workshop: Jurnal & Club Research Fisika UIN Jakarta

Author | 26 Februari 2021


https://www.youtube.com/watch?v=fEhFqMRV0r0

Berita lainnya

Categories
Seminar

Seminar: How to Obtain Scholarship Abroad

Seminar: How to Obtain Scholarship Abroad

Biaunik Niski Kumila, M.S. | 17 Februari 2021

Pada hari Rabu 17 Februari Prodi Fiska mengadakan diskusi bulanan online melalui zoom meeting dengan tema “How to obtain scholarship abroad” yang ditujukan kepada mahasiswa Fisika terutama mahasiswa tingkat akhir. Kegiatan ini dihadiri oleh beberapa dosen Fisika dan lebih dari 30 peserta yang terdiri dari dosen dan mahasiswa Fisika.

Diskusi dibuka oleh Akbar pembawa acara dari mahasiswa Fisika angkatan 2017 dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua Prodi Fisika Ibu Tati Zera. Dalam sambutannya Kaprodi Fisika sangat mendorong mahasiswa Fisika untuk melanjutkan pendidikan ke tingkat S2 terutama di luar negeri. Beliau berharap dengan diskusi ini dan beberapa kegiatn seruapa memberikan motivasi dan insight positif bagi mahasiswa Fiska untuk meraih beasiswa melanjutkan pendidikan ke luar negeri.

Kegiatan diskusi dipandu oleh moderator Ibu Biaunik, dosen Fisika dan diisi oleh 2 narasumber yaitu Ibu Taurista Perdana Syawutri, PhD dan Lamin Rene Loua S.Si. Pembicara pertama, Lamin, adalah international student dan alumni Fisika tahun 2019 yang merupakan scholarship awardee dari beberapa Universitas di luar negeri salah satunya NCTU Taiwan. Hal penting dalam persiapan pengajuan beasiswa adalah persiapan yang matang.” Apply beasiswa tidak boleh dadakan dan butuh persiapan yang matang, minimal 6 bulan sebelum deadline”, ungkapnya.

Diskusi dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh pembicara kedua yaitu Ibu Taurista Perdana Syawitri PhD. Beliau adalah dosen Universitas Muhammadiyah Surakarta yang tengah melanjutkan studi S3 di University of The West of England Bristol melalui Beasiswa LPDP-BUDI LN. Sealin itu beliau juga awardee International Distinguished Student Scholarship dari NCKU Taiwan. Dalam pemaparannya beliau menghighlight bahwa research mengenai jenis scholarship dan universitas yang akan dituju merupakan hal yang laing penting sebelum pengajuan beasiswa. Bagi mahasiswa muslim sangat penting untuk mencari negara dan universitas yang moeslim friendly, imbuhnya.

Untuk selanjutnya prodi Fisika berkomitmen untuk menyelenggarakan kegiatan serupa untuk meningkatkan kualitas seluruh civitas akademik terutama di wilayah Prodi Fisika. (bia)

Berita lainnya

Categories
Field Trip post

Field Trip Online

Field Trip Online: PT. Siemens Indonesia

Author | 17 Februari 2021

Himpunan Mahasiswa Fisika (HIMAFI) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta kembali menyelenggarakan acara Fieldtrip. Namun, berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, acara fieldtrip kali ini dilaksanakan secara online dikarenakan pandemi Covid 19. Kegiatan fieldtrip merupakan suatu kegiatan kunjungan rutin setiap tahunnya, ke objek tertentu di luar lingkungan kampus seperti instansi perusahaan yang berkaitan dengan prospek kerja mahasiswa Fisika itu sendiri. Tujuannya untuk memberikan pengalaman belajar yang lebih nyata kepada mahasiswa, khususnya mahasiswa semester 5 dan semester 7 untuk mempersiapkan diri di dunia kerja yang akan datang.


https://www.youtube.com/watch?v=WjUa3656VBQ

Berita lainnya