Categories
6. HIMAFI Departemen Minbak

ARTHOUR 2021

ARTHOUR 2021

Dep. Minat dan Bakat | Sabtu, 9 Oktober 2021

Departemen Minat dan Bakat Himpunan Mahasiswa Fisika (Himafi) menyelenggarkan program kerja Arthour dengan tema “Physhow“. Arthour merupakan program kerja yang menampilkan bakat mahasiswa aktif Fisika dalam bidang kesenian, sekaligus kegiatan yang membangun rasa kebersamaan antarmahasiswa aktif Fisika. 

Arthour sendiri bertujuan sebagai media penyaluran bakat kesenian, sekaligus sebagai ajang dalam rangka mempererat silaturahmi serta hubungan pertemanan, juga sebagai wadah pengembangan softskill Mahasiswa Fisika UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, terutama dalam bidang seni dan musik. 

Arthour dilaksanakan pada tanggal 9 Oktober 2021 via daring melalui aplikasi Zoom Meetings dari pukul 12.30 s/d 16.30 WIB, serta diikuti oleh seluruh mahasiswa aktif Fisika angkatan 2018, 2019, 2020, dan 2021.

Adapun rangkaian acara dalam Arthour diselenggarakan dalam beragam bentuk tampilan, seperti penampilan Himafikustik, pameran seni 2D, penampilan tiap angkatan, games, sampai acara terakhir yaitu pengumuman pemenang HIMAFIWEEK dan Arthour.

Acara dimulai pukul 14.00, dengan diawali pembukaan yang disampaikan oleh Djihan Agustin dan Ananda alif Janwar selaku Master of Ceremony (MC), kemudian dilanjut dengan pembacaan ayat suci Al-Quran oleh Muhammad Akmal Satria. Sesi selanjutnya yaitu mendengarkan lagu Indonesia Raya, kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Rehan Zaki Denora selaku Ketua pelaksana Arthour 2021. Setelah itu, sambutan dari Arjuna Satria Mandala Selaku Ketua Himpunan Mahasiswa Fisika (Himafi) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Setelah melewati sesi pembukaan acara, Arthour berlanjut dengan penampilan dari Himafikustik. Setelah Himafikustik, acara dimeriahkan dengan pameran seni 2D hasil karya mahasiswa fisika yang telah berkontribusi. Kemudian, setelah sesi pameran, dilanjutkan dengan sesi penampilan musik dari angkatan 2018 yang dibawakan oleh Muhammad Farhan.

Setelah penampilan dari angkatan 2018, acara berlanjut ke sesi games atau ice breaking pertama yaitu tebak gaya. Kemudian dilanjutkan Kembali dengan penampilan dari perwakilan angkatan 2019, yaitu duet vokal yang dibawakan oleh Deach ning Astuti dan Tasya Mutiara Dewi. 

Setelah penampilan dari perwakilan angkatan 2019, acara berlanjut dengan penampilan kedua dari Himafikustik. Setelah penampilan dari Himafikustik, acara dilanjutkan oleh penampilan dari perwakilan angkatan 2020 yang membawakan penampilan seni bela diri juga tarian daerah, seni bela diri tersebut dibawakan oleh Teungku Arya Purangga, dan Muhammad Fikry Rizal.

Sesi selanjutnya yaitu penampilan dari angkatan 2021, yaitu penampilan tarian daerah yang dibawakan oleh Qatrun Salwa, kemudian busking yang dibawakan oleh Muhammad Syarief Hidayatullah.

Acara selanjutnya, yaitu games kedua susun kata, dan Cinemoji. Sampai di puncak acara, yaitu pengumuman pemenang HIMAFIWEEK, dan dilanjutkan dengan pengumuman pemenang games Arthour. Kemudian, acara diakhiri dengan doa penutup yang dibacakan oleh Muhammad Akmal Satria. Tak lupa, sesi foto bersama yang dipimpin oleh perwakilan dari divisi Dekdok Arthour sebelum acara ditutup oleh MC. Demikian, berakhirlah rangkaian acara Arthour 2021.






Categories
6. HIMAFI Departemen Minbak

HIMAFI WEEK 2021 “Burn Up Your Spirit for Physics Solidarity and Unity”

HIMAFI WEEK 2021
“Burn Up Your Spirit for Physics Solidarity and Unity”

Dep. Minat dan Bakat | Sabtu, 9 Oktober 2021

Departemen Minat dan Bakat Himpunan Mahasiswa Fisika (HIMAFI) menyelenggarakan program kerja HIMAFI Week bertemakan “Burn Up Your Spirit for Physics Solidarity and Unity”. Acara berlangsung secara semi luring dengan rentang waktu 2 minggu, per tanggal 26 September – 9 Oktober 2021. Diadakan lima cabang lomba dalam HIMAFI Week; yaitu lomba catur, Mobile Legend, dan Stumble Guys yang dilaksanakan secara online; serta lomba futsal, dan bulu tangkis yang dilaksanakan secara offline.

Pembukaan HIMAFI Week 2021 dilaksanakan pada Minggu, 26 September 2021 secara daring melalui Zoom Meeting yang dimulai pukul 09.00 – 09.55 WIB. Acara dibuka oleh Djihan Agustin selaku Master of Ceremony (MC) kemudian dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al Quran oleh Sayidah, selanjutnya sambutan-sambutan yang diwakili oleh ketua pelaksana; Fajar Zulkautsari Muhammad, sambutan ketua Himpunan Mahasiswa Fisika oleh Arjuna Satria Mandala, juga sambutan ketua program studi Fisika sekaligus pembukaan kegiatan HIMAFI Week 2021 oleh Ibu Tati Zera, M.Si.

Setelahnya, acara memasuki sesi pembacaan janji wasit dan janji atlet yang masing-masing disampaikan oleh Rifaldo Rubizandri dan Rehan Zaki Denora. Acara pembukaan ditutup dengan pembacaan doa penutup oleh Tasya Mutiara Dewi, kemudian dilanjutkan dengan perlombaan Mobile Legend yang disiarkan secara langsung melalui Youtube HIMAFI.

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, HIMAFI Week 2021 ini dilaksanakan secara semi offline selama 12 hari. Di hari kedua, yaitu Senin, 27 September 2021 dilaksanakan lomba futsal dalam babak penyisihan pertama yang bertempat di Garasi Futsal. Di hari ketiga, Selasa, 28 September 2021 dilaksanakan lomba Stumble Guys yang disiarkan juga secara langsung melalui youtube HIMAFI. Hari keempat, Rabu, 29 September 2021 dilanjutkan semi final lomba Mobile Legend. Hari kelima, Kamis, 30 September 2021 dilaksanakan babak penyisihan kedua lomba futsal yang bertempat di Garasi Futsal. Hari keenam, Jumat, 1 Oktober 2021 kembali melanjutkan lomba Stumble Guys


Berlanjut ke hari ketujuh, Sabtu, 2 Oktober 2021 pelaksanaan lomba bulu tangkis yang bertempat di GOR Mustika. Hari kedelapan, Selasa, 5 Oktober 2021 pelaksanaan lomba catur yang disiarkan juga secara langsung melalui youtube HIMAFI. Hari kesembilan, Rabu, 6 Oktober 2021 dilaksanakan final lomba futsal yang bertempat di Garasi Futsal. Hari kesepuluh, Kamis, 7 Oktober 2021 kembali melanjutkan lomba Stumble Guys. Hari kesebelas, Jumat, 8 Oktober 2021 pelaksanaan final lomba Mobile Legend. Kemudian hari keduabelas atau hari terakhir, Sabtu, 9 Oktober 2021 terdapat puncak acara yaitu penutupan sekaligus pengumuman pemenang dari masing-masing cabang olahraga yang dilombakan HIMAFI Week 2021, acara ini diselenggarakan bersamaan dengan kegiatan Arthour 2021 yang dilakukan secara daring melalui Zoom Meeting.

Setelah serangkaian acara yang telah dilaksanakan tersebut, berakhirlah kegiatan HIMAFI Week 2021 dengan mendapatkan juara umum pada tahun ini yaitu dari angkatan 2019. Di mana total medali yang diperoleh oleh juara umum yaitu sebanyak 7 medali dengan rincian 3 medali emas dari cabang bulu tangkis ganda dan tunggal putra serta Mobile Legend, 1 medali perak dari cabang Stumble Guys, dan 3 medali perunggu dari cabang futsal putri, bulu tangkis ganda putri, serta catur.



Categories
6. HIMAFI Departemen Minbak

SEMINAR DAN WORKSHOP KEWIRAUSAHAAN : “GET READY TO START YOUR EXPERIENCE BE A SMART AND CREATIVE MILLENIAL ENTREPRENEUR”

SEMINAR DAN WORKSHOP KEWIRAUSAHAAN : “GET READY TO START YOUR EXPERIENCE BE A SMART AND CREATIVE MILLENIAL ENTREPRENEUR”

Dep. Minat dan Bakat | Kamis, 23 September 2021

Departemen Minat dan Bakat Himpunan Mahasiswa Fisika (HIMAFI) menyelenggarakan program kerja Seminar dan Workshop Kewirausahaan dengan tema “Get Ready To Start Your Experience Be A Smart and Creative Millenial Entrepreneur”. Program kerja ini terbagi menjadi dua sesi yaitu seminar dan workshop. Workshop  dilaksanakan pada tanggal 19-23 September 2021. Peserta dibagi menjadi 12 kelompok untuk membuat mind map tentang rancangan usaha yang didampingi oleh 1 mentor disetiap kelompok.

Seminar dilaksanakan pada hari Sabtu, 25 September 2021 dari pukul 08.30 WIB s/d 12.00 WIB. Acara ini mengundang Kak Andri Kurniawan sebagai pemateri. Kak Andri Kurniawan merupakan mahasiswa aktif program studi Fisika UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan owner dari UwU Industries 3D Printing.

Acara dimulai pada pukul 08.31 diawali pengan pembukaan yang disampaikan oleh Dian Novitasari selaku Master of Ceremony (MC) kemudian dilanjut dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh Muhammad Ahlan Maulidi. Setelah itu, acara dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya yang dipimpin oleh Dian Novitasarai. Kemudian, acara dilanjutkan dengan sambutan dari Farah Aliya selaku Ketua Pelaksana, selanjutnya sambutan dari Arjuna Satria Mandala selaku Ketua Himpunan Fisika dan sambutan dari Ibu Tati Zera, M.Si selaku Ketua Program Studi Fisika UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Memasuki acara inti yaitu penyampaian materi yang dimoderatori oleh Tasya Mutiara Dewi. Materi disampaikan oleh Kak Andri Kurniawan dengan judul “How To Be an Entrepreneur”. Kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Kak Andri menjelaskan bagaimana langkah-langkah menjadi wirausahawan dan menceritakan pengalamannya saat merintis usaha yang dimiliknya. 

Menurutnya ada 4 langkah untuk menjadi wirausahawan. Pertama ialah knowledge, kita harus tahu betul apa yang kita jual dan melakukan riset tentang  usaha kita. Yang kedua yaitu experience, membuktikan pengetahuan yang kita ketahui sesuai dengan kenyataan yang ada dan mencoba agar usaha kita lebih efektif. Yang ketiga ialah preparation, menyiapkan hal-hal yang dibutuhkan seperti modal, space, waktu, dan lain lain. Yang terakhir ialah execution, yaitu mulai merintis usaha dengan pengetahuan, pengalaman, dan persiapan yang kita punya dan terus belajar dari pengalaman. Menurut Ka Andri bukan “apa yang membedakan usaha kita dengan dengan usaha sebelah” melainkan “apa kelebihan usaha kita dengan usaha sebelah”. Tidak mengapa usaha kita sama dengan usaha lain, tetapi usaha kita harus memiliki kelebihan yang membuat pelanggan betah dan tidak memilih usaha lain.



 

Setelah materi telah tersampaikan, selanjutnya ada penyerahan sertifikat untuk Tasya Mutiara Dewi selaku moderator dan penyerahan sertifikan untuk Kak Andri Kurniawan selaku pemateri yang diserahkan oleh Farah Aliya selaku Ketua Pelaksana. Setelah penyerahan sertifikat, selanjutnya sesi Ice Breaking yaitu diadakan quiz berhadiah dengan memakai aplikasi quizizz yang dipandu oleh MC.

 

Setelah sesi ice breaking selesai, kemudian dilanjut dengan penampilan tugas mind map hasil dari workshop yang kemudian dikomentari oleh Juri dan selanjutnya mengumumkan pemenang mind map terbaik. Kemudian acara ditutup dengan sesi foto bersama sebagai dokumentasi dan dilanjut dengan pembacaan doa penutup oleh Muhammad Ahlan Maulidi.