Categories
6. HIMAFI Departemen Litbang

Kunjungan Ilmiah 2021 : “Blow Up Our Mindset Bravely”

Kunjungan Ilmiah 2021: “Blow Up Our Mindset Bravely”

Dep. Penelitian dan Pengembangan | 1 November 2021

Kunjungan Ilmiah merupakan salah satu program kerja yang diselenggarakan oleh Departemen Penelitian dan Pengembangan Himpunan Mahasiswa Fisika (Himafi) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Kunjungan Ilmiah merupakan suatu bentuk kegiatan di luar perkuliahan yang dimaksudkan untuk memberikan wawasan dan pengetahuan mengenai banyak instansi dan industri yang berafiliasi erat dengan keilmuan Fisika. Dalam pelaksanaannya, Kunjungan Ilmiah didasarkan atas kerja sama antara Himafi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dengan instansi dan atau industri terkait.

Pada Kunjungan Ilmiah kali ini akan bekerja sama dengan Instansi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG). Tujuan utama diadakannya kegiatan ini adalah merangsang pola pikir sains pada mahasiswa Fisika, khususnya yang berkaitan dengan pengembangan teknologi mitigasi bencana. Dengan harapan agar mahasiswa nantinya dapat berperan aktif dalam riset di masa depan. Kegiatan ini diselenggarakan secara online. Kunjungan Ilmiah tahun ini bertemakan “Blow Up Our Mindset Bravely: Peran Fisika dalam Pengembangan Teknologi Mitigasi Bencana”. Kegiatan ini diwajibkan untuk seluruh mahasiswa aktif Fisika angkatan 2020 dan 2021.

Kegiatan ini membahas dua topik materi yang disampailan oleh dua pembicara dan profile tentang BMKG oleh satu perwakilan dari pihak humas BMKG. Kegiatan ini diadakan pada Rabu, 27 Oktober 2021 pukul 09.15 WIB secara daring karena masih dalam suasana pandemi melalui Zoom Cloud Meetings dan Live Streaming Youtube Himafi UIN Jakarta. Acara ini dihadiri oleh Ketua Program Studi Fisika, yaitu Ibu Tati Zera M.Si. Selain itu, dihadiri juga oleh Ketua Himpunan Mahasiswa Fisika (Himafi), yaitu Kak Arjuna Satria Mandala (Mahasiswa Fisika Material Angkatan 2018). Serta, para dosen dan mahasiswa aktif Fisika UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Acara diawali dengan pembukaan oleh Nafisa Ulayya Salsabila (Mahasiswa Fisika Material Angkatan 2019) selaku Master of Ceremony. Dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh Muhammad Ahlan Maulidi (Mahasiswa Fisika Material Angkatan 2019). Kemudian, dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua Program Studi Fisika, yaitu Ibu Tati Zera M.Si. Dalam sambutannya, Ibu Tati mengucapkan terima kasih kepada pihak BMKG khususnya di wilayah 2 yang telah bersedia tetap berhubungan baik dengan Fisika UIN Jakarta dikarenakan tidak semua akses bisa diterima disebabkan kondisi pandemi serta telah memberi kesempatan untuk mahasiswa/I Fisika untuk berkunjung secara virtual. Ibu Tati berharap, kegiatan ini dapat memberi manfaat, menambah wawasan, dan mendapat informasi yang jelas tentang kegiatan-kegiatan di BMKG yang berhubungan dengan Fisika.

Setelah itu, acara sambutan dari perwakilan pihak humas BMKG yaitu Ibu Judith. Dalam sambutannya, Ibu Judith mengucapkan terima kasih dan selamat datang di kegiatan Kunjungan Ilmiah ini. Lalu, beliau langsung memaparkan sedikit informasi tentang BMKG. Informasi tersebut yaitu BMKG termasuk lembaga non kementrian memberi informasi, menganalisa cuaca, iklim, dan gempa. BMKG memiliki cabang yang dinamakan stasiun. Stasiun tersebut terdiri dari 124 stasiun meteorologi, 27 stasiun klimatologi, dan 31 stasiun geofisika. Di atas stasiun ada 5 Balai Wilayah. Balai Wilayah 1 terdapat di medan dan sekitarnya, Balai Wilayah 2 di Tangerang, Balai Wilayah 3 di bali, Balai Wilayah 4 di Makassar, dan Balai Wilayah 5 di Sorong, Papua. 

Selanjutnya, ditampilkan sebuah video profile dari BMKG. Setelah ada Peraturan Presiden Nomor 61 Tahun 2008, BMKG berganti nama menjadi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika hingga saat ini. Terdapat aplikasi BMKG yang memberi informasi soal cuaca, iklim, kualitas udara, tsunami dan gempa bumi yang diawasi oleh 3 stasiun Global Atmosphere Watch (GAW).

Selanjutnya, pemaparan materi terkait cuaca oleh Bapak Teguh Setyawan. Beliau memaparkan materi tentang Meteorology Early Warning System (MSE) BMKG. Materi ini terdiri dari 4 outline yaitu pelayanan lintas sektoral BMKG, alur kerja operasional informasi meteorologi BMKG, teknologi baru yang ditetapkan untuk peringatan dini awal (Nowcasting), dan produk peringatan dini cuaca BMKG. Untuk outline materi pertama, BMKG melayani berbagai sektor yaitu kesehatan, konstruksi, energi dan pertambangan, industri, penanggulangan bencana, pertahanan dan keamanan, kelautan dan perikanan, dan sebagainya.

Setelah itu, dipaparkan materi outline kedua. Alurnya yaitu pengamatan, komunikasi, pengolahan, database, analisis, lalu terakhir prakiraan dan diseminasi. Kemudian, memaparkan materi outline ketiga. Beliau menjelaskan bahwa ada teknologi baru diterapkan untuk peringatan dini awal atau disebut Nowcasting.

Pemaparan materi outline terakhir berisikan tentang peringatan potensi cuaca ekstrim 1 minggu ke depan, 2 hari ke depan, 1-3 jam ke depan yang berisi peringatan dini cuaca ekstrim terutama hujan deras, angin kencang, badai petir di Jakarta dan sekitarnya. Acara pemaparan materi terkait cuaca telah berakhir dan ditutup dengan pesan dan harapan dari Bapak Teguh untuk masyarakat yaitu semoga produk-produk yang telah dibuat oleh BMKG bisa bermanfaat dan memberikan informasi kepada masyarakat serta bisa membantu masyarakat agar tetap waspada.

Selanjutnya, acara pemaparan materi terkait gempa oleh Bapak Admiral Musa Julius. Beliau memaparkan materi tentang peran BMKG dalam sistem informasi gempa bumi dan peringatan dini tsunami (INATEWS) di Indonesia. Pemaparan materi ini diantaranya tentang zona sumber gempa megathrust di Indonesia, aktivitas gempa bumi di Indonesia pada tahun 2009-2020, statistik kejadian bencana gempa bumi di wilayah Indonesia, peta potensi rawan tsunami di wilayah Indonesia, sistem peringatan dini tsunami sesuai PerPres 93 tahun 2019, peran INATEWS sebagai Tsunami Service Provider (TSP), dan lain-lain.

Beliau juga memaparkan solusi mitigasi gempa yang utama adalah bangunan yang tahan gempa. Selain itu, perlu adanya sosialisasi dan edukasi, rambu evakuasi, evakuasi mandiri, sirine tsunami, dan sebagainya. Acara pemaparan materi terkait gempa telah berakhir dan ditutup dengan pesan dari Bapak Admiral Musa Julius untuk masyarakat yaitu agar masyarakat lebih waspada jika rumahnya rawan bencana terutama gempa.

Setelah acara pemaparan materi, yaitu acara sesi tanya jawab. Acara ini dimoderatori oleh MC acara. Selanjutnya, acara game quiz. Quiz ini terdapat 3 pertanyaan yang harus dijawab dengan cepat dan tepat dengan tingkat kesulitan soal yang berbeda-beda, yaitu dari level satu sampai level tiga.

Setalah acara pemaparan materi, tanya jawab, serta quiz selesai. Kemudian, acara penyerahan cinderamata dan sertifikat. Pertama, penyerahan diberikan dari pihak UIN Jakarta kepada BMKG oleh ketua pelaksana Kunjungan Ilmiah yaitu Arman Dwi Saputra (Mahasiswa Fisika Geofisika Angkatan 2019) yang diterima oleh Ibu Judith selaku perwakilan pihak humas BMKG. Selanjutnya, penyerahan cinderamata oleh pihak BMKG kepada pihak UIN Jakarta yang diwakilkan oleh Ibu Judith dan diterima oleh MC sebagai perwakilan dari Ketua Himafi yaitu Kak Arjuna Satya Mandala (Mahasiswa Fisika Material Angkatan 2018).

Setalah serangkaian acara inti selesai, kegiatan ini ditutup dengan pembacaan doa penutup oleh Jilil Qur’ani (Mahasiswa Fisika Material Angkatan 2019). Kemudian, sesi dokumentasi berupa foto bersama yang dipimpin oleh Dila Salsa Ramadoni (Mahasiswa Fisika Geofisika Angkatan 2019). Setelah semua rangkaian kegiatan selesai, berakhirlah kegiatan Kunjungan Ilmiah ini pada pukul 12.01 WIB.










Categories
6. HIMAFI Departemen Litbang

HIMAFI ROBOTIC CLUB

Berita Acara Kegiatan Offline HIMAFI Robotic Club

Dep. Litbang | 26 April 2021


Kegiatan Club Robotik sebelumnya dilaksanakan secara daring atau online via google meet yang sudah berjalan selama satu bulan. Untuk memperdalam pemahaman mengenai teknologi robot maka dilaksanakan pertemuan offline Club Robotik pada Minggu, 17 April 2021 di Tangerang Selatan dengan tetap mematuhi protocol kesehatan seperti, memakai masker, menjaga jarak, dan tidak berkerumun, serta melalui perizinan prodi dan orang tua dari mahasiswa yang menjadi peserta pertemuan offline Club Robotik.

Club Robotik ini juga dibagi menjadi dua kelas yaitu, kelas Beginners pukul 10.00 WIB untuk mahasiswa/i Angkatan 2020 yang baru mengikuti dan mempelajari tentang teknologi robot dan kelas Advance pukul 13.00 WIB untuk mahasiswa/i yang sudah memahami dasar-dasar teknologi robot. Kegiatan ini juga dihadiri oleh Ketua MPKPO HIMAFI UIN Jakarta selaku mahasiswa Fisika Geografi 2017, Akbar Ramadhani dan juga ketua Departemen Penelitian dan Pengembangan HIMAFI UIN Jakarta, Dhoni Ikhsan Widodo, Pengurus Club Robotik, dan 13 orang anggota.

 

Kelas beginners membahas mengenai “Penggunaan Liquid Crystal Display (LCD) dan Light-Emiting Diode (LED) dalam rangkaian Elektronika” dengan dipandu langsung oleh Mahasiswa Fisika Instrumentasi UIN Jakarta 2018, Rino Gabriel Alfarizi (Ketua Club Robotik) dan Abdillah Fikri. Pada kelas ini diajarkan untuk membuat rangkaian LED dan LCD menggunakan program Arduino IDE dan cara juga membaca resistor.








kelas advance membahas mengenai “Rancang Bangun Sistem Monitoring Kelembapan Tanah Berbasis Internet of Things (IoT)” dengan dipandu langsung oleh Dimas Alifta Sulthoni, Mahasiswa Fisika Instrumentasi UIN Jakarta 2017. Kelas ini diajarkan cara untuk mengukur kelembaman tanah dengan resistivitas tanah basah dan kering menggunakan node MCU ESP8266. Kegiatan offline Club Robotik selesai pada pukul 16.00 WIB ditutup dengan foto bersama dan doa penutup. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi wadah untuk generasi penerus bangsa untuk mengembangkan potensinya dalam bidang sains fisika didalam kemajuan teknologi pada masa kini.

Berita lainnya